Kartu Identitas Anak (KIA) Jadi Syarat Masuk Sekolah di Kabupaten Ini, Berikut Syarat Pembuatannya

Pelayanan publik berbasis KIA, akan diterapkan di berbagai lini. Mulai dari sekolah hingga pelayanan pendidikan

Kartu Identitas Anak (KIA) Jadi Syarat Masuk Sekolah di Kabupaten Ini, Berikut Syarat Pembuatannya
SP/ Alan
Kepala Dinas Disdukcapil OKU Selatan Dra Lia Tirtayana MSi di ruangannya, Selasa (4/9/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA—Guna percepatan pendataan dan ketepatan sasaran kartu identitas anak dibawah usia dewasa 17-1 tahun atau anak-anak, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengggaet Dinas Pendidikan (Disdik), Selasa (4/9/2019).

Sejak dilaunching Kartu Identitas Anak (KIA) beberapa bulan lalu, Disdukcapil giat melakukan sosialisasi.

Diantaranya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik).

“Saat ini jumlah anak di Kabupaten OKU Selatan yang telah melakukan perekaman KIA di Dispendukcapil Kabupaten OKU Selatan mencapai lebih kurang 400 anak."

Baca: 17 Orang Tewas Dalam 19 Kecelakaan Lalulintas di Lubuklinggau, Hati-hati Melintas Wilayah Rawan Ini

Baca: Masih Tunggu Peraturan Gubernur, Ini Syarat Sewa Rusunawa Jalan Srijaya KM 5 Palembang

"Mereka tersebar di seluruh 19 kecamatan dengan jenjang usia mulai 1 tahun sampai 17 tahun,” ujar Kepala Disdukcapil Dra Lia Tirtayana melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovativ Leri Kastina.

Dengan memiliki KIA invidu tersebut, pemerintah ingin meningkatkan hak perlindungan dan pelayanan publik pada setiap anak-anak, yang juga diwacanakan diterapkan pada pendaftaran sekolah.

"Pelayanan publik berbasis KIA, akan diterapkan di berbagai lini. Mulai dari sekolah hingga pelayanan pendidikan, misalnya untuk mendaftar ke sekolah, maka salah satu persyaratannya adalah KIA,” tambahnya Selasa (4/9/2019)..

Baca: Besok 8 Gubernur Terpilih Dilantik Jokowi, Sumsel Masuk ?

Baca: Bukan Dollar, Ternyata ini Mata Uang Termahal di Dunia Bisa Capai Rp 49 Ribu/1 Mata Uang

Dengan bekerjasama pada Dinas Pendidikan OKU Selatan diharapkan mempermudah akses mensosialisasian KIA untuk menjangkau anak usia sekolah dan tepat sasaran.

Sementara itu untuk teknis pengurusan KIA itu sendiri hingga kini masih dalam tahap pengkajian guna mempermudah dalam setiap anak juga diwacanakan dapat berlangsung di setiap kantor Kecamatan
Dilansir dari nakita.grid.id yang mengutip dari kemendagri.go.id, ada dua jenis tipe Kartu Identitas Anak yaitu Kartu Identitas Anak yang berusia 0-5 tahun dan Kartu Identitas Anak yang berusia 5-17 tahun.

Sebenarnya kedua jenis kartu ini sama, hanya saja untuk Kartu Identitas Anak yang berusia 0-5 tahun tidak memerlukan foto.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved