Berita Palembang

27 September Herman Deru Dilantik Presiden Jokowi, Sumsel Punya Gubernur Baru

Gubernur Sumsel terpilih Herman Deru (HD) mengaku, telah mendapat kabar dirinya bersama Mawardi Yahya akan dilantik

27 September Herman Deru Dilantik Presiden Jokowi, Sumsel Punya Gubernur Baru
Tribunsumsel.com/ Arief B Rohekan
Gubernur Sumsel terpilih Herman Deru 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--- Gubernur Sumsel terpilih Herman Deru (HD) mengaku, telah mendapat kabar dirinya bersama Mawardi Yahya akan dilantik sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023, oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 September mendatang oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Saya dapat kabar dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. Jika pada 27 September ada empat Gubernur yang akan dilantik, antara lain Jabar, NTB, Sumsel dan Kaltim," kata HD selepas menghadiri diskusi membangun hukum di Sumsel bersama HD di Gedung FH Unsri Bukit Besar Palembang, Selasa (4/9/2018) sore.

Baca: Warga Prabumulih Keluhkan Perbaikan Jembatan Sungai Siring Lama Selesai, Jalan Alternatif Rawan

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini berharap, setelah dirinya resmi dilantik oleh presiden nanti, bisa menjalankan program- program yang telah dijanjikannya selama masa kampanye lalu.

"Saya terimakasih, apa yang telah kita programkan visi misi, dari awal bisa kita jalankan," jelasnya.

Diterangkan Deru, dirinya tak menampik jika pada akhir tahun 2018 ini, dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk anggaran (APBD), namun dipastikan pada anggaran tahun 2019, akan bisa dimasukan program- program yang dibuat.

Baca: Awalnya Antar Teman Wanitanya ke Hotel, Oknum Polisi ini Saling Lapor, Ini Kronologis versi Pelapor

"Yang paling penting APBD 2019, aku sudah bisa membidanginya, cuma ada masalah sekarang. Dimana tim transisi belum bisa masuk ke Pemprov Sumsel saat ini, padahal sudah ada sikap Kemendagri," sesalnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo bakal melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dalam dua tahap.

Tahap pertama digelar di Istana Negara pada Rabu, 5 September 2018.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, kepala daerah delapan provinsi yang bakal dilantik yakni: Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah. Lalu Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Baca: PDIP : Jokowi Membangun Semua Kesuksesan yang Diraih Dalam Asian Games Tidak Mudah

“Tahap kedua tanggal 27 September untuk empat provinsi,” kata Sumarsono melalui pesan tertulis yang diterima, Senin (3/9/2018).

Empat daerah yang masuk tahap kedua yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara nanti akan dihadiri undangan terbatas. Selain gubernur dan wakil gubernur yang dilantik, turut diundang para pendampingnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta penjabat gubernur dan istri.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help