Wisata dan Kuliner Palembang

Makanan Kekinian Sate Cumi ala Thailand, Dipanggang dengan Bumbu Rempah-rempah

Bagi anda penggemar makanan unik, khususnya anak muda kekinian, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Sate Cumi.

Makanan Kekinian Sate Cumi ala Thailand, Dipanggang dengan Bumbu Rempah-rempah
Tribunsumsel.com/ Shinta Dwi Anggraini
Di Palembang sudah ada restoran yang menjual Sate Cumi, yaitu House of Merich. Berlokasi di jalan Mayor Santoso ruko 3247-3248 kawasan Kamboja Palembang, restoran ini menjadi yang pertama menjual makanan kekinian ini di kota Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bagi anda penggemar makanan unik, khususnya anak muda kekinian, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Sate Cumi.

Bagaimana tidak, saat ini berbagai gambar serta cerita dari makanan yang disajikan dengan cara dipanggang itu banyak ditemui.

Baca: Sudjiwotedjo Prihatin Sampai Tulis ini saat Tahu Ustaz Abdul Somad Diancam Hingga Batalkan Ceramah

Mulai dari instagram, facebook, bahkan food blogger ramai membahas mengenai makanan yang berasal dari Thailand itu.

Potongan cumi dan sosis yang ditusuk pada sebuah lidi berukuran 45 cm, menjadi keunikannya tersendiri karena terlihat lebih mencolok dibanding makanan lain.

Selain itu, proses pengolahan dengan cara dipanggang bersama dengan bumbu khas rempah-rempah, dapat memberikan cita rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Baca: Bantah Disebut Transgender, Millen Cyruz Terciduk Kamera Masuk Toilet Wanita? Netizen Kesal

Di Palembang sudah ada restoran yang menjual Sate Cumi, yaitu House of Merich.

Berlokasi di jalan Mayor Santoso ruko 3247-3248 kawasan Kamboja Palembang, restoran ini menjadi yang pertama menjual makanan kekinian ini di kota Palembang.

"Di Palembang ini memang kita yang pertama kali jual dan memang ini baru, kira-kira sekitar 2 minggu, nah setelah beberapa hari, ada yang lain ikut jual sate cumi juga," ungkap Cornelia, Pemilik House Of Merich saat dibincangi Tribun di restorannya, Jumat (31/8).

Baca: Asian Games 2018 Usai, Mulai 4-9 September 2018 Jonatan Christie dkk Akan Tampil di India Open

Cornelia mengaku mendapat inspirasi dari sosial media yang cukup banyak membahas tentang makanan ini.

"Soalnya kan memang saya selalu menjual makanan minuman yang kekinian dan unik, nah saat ini Sate Cumi ini lagi ramai dibicarakan dan kebetulan tidak ada yang jual di Palembang, jadi saya coba jual disini," katanya.

Menurut Cornelia, Sate Cumi yang dijual dengan harga Rp 30 ribu itu memiliki ciri khas tersendiri dari soal rasa, karena bumbu rempah-rempah yang menjadi saus dari Sate Cumi merupakan hasil kreasinya sendiri.

"Ada pilihan pedas atau manis, atau mau keduanya juga bisa, dan bumbunya ini bumbu rahasia yang saya buat sendiri, gak ikut-ikut sama yang lain, tapi yang jelas dari rempah-rempah pilihan," ungkapnya.

Baca: Ichsan Kurniawan Cedera Lutut dan Masuk Ruang Operasi, Absen Hingga Musim Depan

Untuk bahan baku cumi, Cornelia mengaku tidak kesulitan mendapatkannya. Karena sang kakak yang merupakan agen Seafood, maka ia mudah untuk mendapatkan bahan baku dengan kesegaran yang tetap terpercaya.

Ali, karyawan House OF Merich mengaku dalam sehari dapat mengolah hingga 50 kg cumi dan akan meningkat saat akhir pekan.

"Banyak yang datang kesini dari berbagai usia, tapi memang yang paling banyak anak-anak muda, yang katanya mau coba sate cumi karena lihat di instagram," ungkapnya.  

Baca: Erick Tohir Ucapkan Terima Kasih Mendalam ke Kelompok Ini, Berjasa Besar Tapi Jarang Terpublikasi

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help