Asian games 2018

Raih Medali Emas usai Kalahkan Jepang, Indonesia Akhiri Kutukan Sepak Takraw di Asian Games

Melalui pertarungan sengit selama 3 set, Indonesia akhirnya berhasil meraih emas pertama di cabor sepak takraw Asian Games 2018.

Raih Medali Emas usai Kalahkan Jepang, Indonesia Akhiri Kutukan Sepak Takraw di Asian Games
Tribun Sumsel/ Weni Wahyuny
Tim nasional Indonesia cabang olahraga sepak takraw putra meraih tiket final di nomor quadrant putra usai menekuk lawannya Singapura di partai seminfinal Asian Games XVIII yang digelar di GOR Ranau Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Jumat (31/8/2018) 

TRIBUNSUMSEL.COM-Melalui pertarungan sengit selama 3 set, Indonesia akhirnya berhasil meraih emas pertama di cabor sepak takraw Asian Games 2018.

Tim kuadran putra menyelamatkan muka Indonesia setelah sebelumnya hanya mampu merebut 1 perak dan 2 perunggu di pesta olahraga terbesar Asia ini setelah mengalahkan Jepang dengan skor tipis 2-1, Sabtu (1/9) siang di GOR Ranau Jakabaring Sport City.

Medali emas ini sekaligus menjadi sejarah baru bagi Indonesia mengingat sebelumnya pencapaian terbaik Indonesia hanyalah mampu meraih perunggu.

Sebelumnya sejak Asian Games 2006 Doha, 2010 Guangzhou dan 2014 Incheon, prestasi terbaik Indonesia hanyalah medali perunggu.

Pelatih sepak takraw Indonesia Abdul Gani mengaku memang sempat kaget dengan kekuatan Jepang yang menjadi lawan di partai puncak.

"Tantangan kedepan memang akan jauh lebih berat, kita melihat negara-negara seperti Korea, China atau Jepang menunjukkan perkembangan yang luar biasa, namun kami sangat senang karena apa yang diraih saat ini memecahkan rekor sebelumnya yang selalu mentok di perunggu, 1 emas dan 1 perak luar biasa tetapi jangan berpuas diri," ujarnya usai pertandingan

Di set pertama, Abdul menyebut Jepang terlihat seperti sudah mengetahui gaya bermain Indonesia.

"Mereka sangat paham bagaimana servis ataupun pola serangan kita, untunglah di babak kedua perubahan strategi yang kita lakukan berhasil dan terus memegang kendali," jelasnya.

Di balik kemenangan ini, Abdul juga berharap kedepan pembinaan sepak takraw di Indonesia dapat lebih baik lagi.

"Sejak awal Januari kami mulai persiapan intensif, namun hanya sekali melakukan uji coba, itu pun saat bulan puasa. Daripada tidak sama sekali maka kami paksakan di Bangkok, kedepan kami berharap bisa jauh lebih baik lagi. Terutama mengenai try out, Jepang atau Korea mereka rutin mengikuti kejuaraan bahkan liga takraw di Thailand," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help