Berita Palembang

Enam Kura-kura Hasil Selundupan di Bandara SMB II Dilepasliarkan ke Hutan Lindung Punti Kayu

Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang bersama BKSDA

Enam Kura-kura Hasil Selundupan di Bandara SMB II Dilepasliarkan ke Hutan Lindung Punti Kayu
TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA TRISNAWATI
Enam kura-kura dilepasliarkan di hutan Lindung kota Taman Wisata Alam Punti Kayu, Jumat (24/8/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang bersama BKSDA Sumatera Selatan melepasliarkan enam ekor Kura-kura daun (Cyclamis dentata) di hutan Lindung kota Taman Wisata Alam Punti Kayu.

"Kura- kura ini merupakan hasil penyelamatan sumber daya ikan dari penggagalan upaya penyelundupan di area cargo bandara SMB II Palembang oleh petugas," ujar Kepala SKIPM Palembang, Sugeng Prayogo, Jumat (24/8/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa ada masyarakat yang mengirimkan secara illegal tanpa dokumen karantina dan BKSDA, sehingga dilakukan penahanan sementara selanjutnya dilepasliarkan.

Sengaja di lepasliarkan di hutan Lindung kota Taman Wisata Alam Punti Kayu agar hewan ini berkembang biak dan beranak pinak dengan baik sesuai habitatnya. Kura-kura daun ini bukan merupakan hewan dilindungi, namun pemanfaatannya tetap harus ijin kuota dari BKSDA.

"Kami menghimbau bagi masyarakat yang akan melalulintaskan komoditas perikanan kiranya dapat melengkapi dengan dokumen karantina atau dapat berkonsultasi dengan kami jika belum mengetahui prosedur karantina," ungkapnya.

Sementar itu Raden selaku pengelola TWA Punti Kayu mengatakan, kegiatan ini bagus sekali sebagai bagian dari konservasi hewan yang akan pihaknya dukung

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved