Berita Prabumulih

Buronan Pencuri Minyak Pertamina Prabumulih Ditangkap Polisi Saat Pulang Mau Lebaran di Rumah

Buronan ini diringkus ketika pulang ke rumah untuk merayakan lebaran haji bersama keluarga, Selasa (21/8/2018) sekitar pukul 18.15

Buronan Pencuri Minyak Pertamina Prabumulih Ditangkap Polisi Saat Pulang Mau Lebaran di Rumah
Istimewa
Buronan polisi sejak April 2018 dalam kasus pencurian minyak alias illegal taping pipa minyak jenis kondensat milik PT Pertamina EP Asset 2 yakni Heriyanto alias Kote (29), berhasil diringkus Tim Gurita Polres Prabumulih dan Polsek Prabumulih Timur. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Buronan polisi sejak April 2018 dalam kasus pencurian minyak alias illegal taping pipa minyak jenis kondensat milik PT Pertamina EP Asset 2 yakni Heriyanto alias Kote (29), berhasil diringkus Tim Gurita Polres Prabumulih dan Polsek Prabumulih Timur.

Pelaku yang merupakan warga Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat itu diringkus ketika pulang ke rumah untuk merayakan lebaran haji bersama keluarga, Selasa (21/8/2018) sekitar pukul 18.15.

Baca: Alex Noerdin dan Andi Mallarangeng Tonton Timnas Voli Pantai Putri Indonesia

Aksi Heriyanto alias Kote terungkap ketika petugas sekuriti pertamina yang tengah melakukan patroli mendapati sebuah mobil truk bak kayu yang terparkir dipinggir jalan ditinggal pemiliknya dalam kondisi mesin menyala, Senin (19/4/2018) yang lalu.

Karena curiga, petugas mendekati mobil tersebut lalu memeriksa isi bak.

Baca: Sore Ini Kebakaran Lahan Gambut Dekat Tol Palindra Makin Membesar

Saat itu petugas mendapati sebuah tanki berisi minyak jenis kondesat. Petugas yang curiga langsung melaporkan temuan itu dan membawa mobil yang dicurigai itu ke pos sekuriti pertamina.

Berdasarkan laporan itu, petugas langsung melakukan penyelidikan. Hingga berhasil menangkap dua orang pelaku bernama Idris dan Darno kemudian Weli dan Herli.

Dari pengakuan pelaku yang lebih dahulu ditangkap itu, petugas berhasil mengantungi identitas Heriyanto.

Baca: Mobil Sedot WC Terbalik, Terjadi Kemacetan Panjang dari Simpang Patal Menuju Angkatan 66

Ketika petugas menggerebek kediamannya, Heriyanto telah lebih dahulu kabur dan menjadi buronan polisi.

Hingga pada akhirnya, menjelang hari raya idul adha petugas kembali mendapat informasi bahwa Heriyanto alias kote pulang kerumah.

Tak ingin kehilangan buruannya, petugas langsung melakukan penggerebekan hingga berhasil menangkap pria yang audah lima bulan diburu itu.

Baca: Lihat Semangat Tanpa Lelah Suporter Indonesia Rela Kehujanan Dukung Atlet Asian Games di JSC

Selanjutnya guna kepentingan penyidikan, tersangka langsung digelandang ke Mapolres Prabumulih.

Dihadapan petugas, Kote mengakui perbuatannya dan mengaku buron ke luar kota Prabumulih agar tidak diringkus polisi.

"Saya ikut mencuri karena diajak saja, saya kabur ke luar kota setelah mengetahui teman lainnya ditangkap polisi," katanya.

Baca: Pemerintah Hentikan Operasional Pabrik Pengolahan Kayu PT KIM Setelah Warga Berencana Demo

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya berhasil menangkap pelaku pencurian minyak tersebut. "Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan, kami masih mendalami apa peranan tersangka," tegasnya.

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved