Wisata dan Kuliner Palembang

Ajak Keluarga Wisata ke KRI Dewaruci di Pelabuhan Boom Baru, Kapal Layar Terbesar Angkatan Laut

Selama dua hari ini, masyarakat Palembang bisa melihat seluk beluk KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Boom Baru

Ajak Keluarga Wisata ke KRI Dewaruci di Pelabuhan Boom Baru, Kapal Layar Terbesar Angkatan Laut
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
KRI Dewaruci yang sandar di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis (16/8/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 RI dan pembukaan Asian Games di Palembang, pelabuhan Boom Baru Palembang kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci.

KRI Dewaruci juga bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat Palembang. Selama dua hari, masyarakat Palembang bisa melihat seluruh seluk beluk KRI Dewaruci yang sedang bersandar di pelabuhan Boom Baru Palembang.

"Hari ini sudah bisa dikunjungi masyarakat Palembang mulai pukul 15.00. Bila animo masyarakat tinggi, kami bisa buka untuk masyarakat hingga pukul 20.00," ujar Komandan KRI Dewa Ruci Kolonel Laut (P) Waluyo, Kamis (16/8/2018).

Baca: Nonton Pertandingan Asian Games di Jakabaring Sport City Perhatikan Rute Tiap Koridor Shuttle Bus

Perlu masyarakat ketahui, bila KRI Dewaruci adalah kapal pelatihan bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa yaitu Dewa Ruci. Sejak memperkuat jajaran TNI AL tahun 1953, KRI Dewaruci telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yaitu tahun 1964 dan 2012.

Baca: 5 Kisah Tak Terlupakan Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI, No 3 Bendera dari Kain Seprei

Pada pelayaran KJK 1964 KRI Dewaruci yang dipimpin Letkol Laut (P) Sumantri membawa 78 orang Taruna AAL dan 32 Anak Buah Kapal (ABK) untuk mengarungi tujuh samudera serta lima benua.

Pelayaran kedua dilaksanakan 48 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012. Pada pelayaran keliling dunia kedua ini, KRI Dewaruci dipimpin Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dengan membawa 101 orang Taruna AAL dan 77 ABK.

Selain menjadi primadona saat pelayaran muhibah, KRI Dewaruci pun kerap meraih berbagai prestasi bertaraf internasional. Salah satu penghargaan internasional paling bergengsi yang pernah diraih oleh KRI Dewaruci adalah Cutty Shark Thropy saat Tall Ships Race di Australia tahun 1998.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help