Berita Prabumulih

PDAM Tirta Prabujaya Putus Aliran Pelanggan yang Menunggak Bayar Sampai 3 Bulan

Tunggakan pelanggan membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya, mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan operasional maupun gaji pegawai

PDAM Tirta Prabujaya Putus Aliran Pelanggan yang Menunggak Bayar Sampai 3 Bulan
tribunsumsel.com/Edison Bastari
Tunggakan Warga Meningkat Hingga Rp 4 Miliar, PDAM Tirta Prabujaya Terancam Bangkrut 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Terus meningkatnya tunggakan pelanggan membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya, mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan operasional maupun gaji pegawai.

"Kita kesusahan operasional apalagi kebutuhan sangat besar, sementara utang sudah mencapai Rp 4 miliar lebih," ungkap Direktur PDAM Tirta Prabujaya, Iskandar ketika diwawancarai, Minggu (12/8/2018).

Baca: Pilkada Selesai, Alex Janjikan Jokowi Menang Besar di Sumsel

Baca: Aliqqa Kayyisa Atlet Termuda Asal Indonesia Berdarah Komering Sumatera Selatan

Baca: Presiden PKS ke-3, Tifatul Buka Polling Untuk Pemilih Jokowi, Hasilnya Banyak Pilih Prabowo-Sandiaga

Menurut Iskandar, makin tingginya tunggakan mayoritas disebabkan pelanggan yang pemasangannya menggunakan program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Masyarakat itu menunggak kan ditanggung pemerintah dalam pembayaran pemasangan sementara dari pemerintah belum dicairkan, sedangkan masyarakat yang dipasang menunggak dengan alasan bermacam-macam mulai dari sumur banyak air, dan lainnya hingga tidak bayar air yang digunakan," bebernya.

Iskandar menjelaskan, untuk menekan membengkaknya tunggakan itu, pihaknya mengambil langkah tegas berupa pemutusan sambung terhadap pelanggan yang menunggak.

"Tiga bulan menunggak maka jaringan PDAM pelanggan akan kita putus, namun kita beri dulu surat peringatan hingga tiga kali tapi kalau tetap tidak bayar maka akan diputus paksa," jelasnya.

Lebih lanjut Iskandar menegaskan, hingga saat ini ada sekitar 1.000 pelanggan yang tak dapat lagi menikmati air bersih yang berasal dari PDAM Tirta Prabujaya akibat diputuskan oleh pihaknya.

Disinggung tunggakan Rp 4 miliar, Iskandar mengatakan setiap bulannya tagihan PDAM Tirta Prabujaya mencapai Rp 8 miliar namun yang bisa tertagih hanya setengahnya. 

Penulis: Edison
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved