Menpar Buka HBDI di Palembang, Alex Noerdin Ajak Masyarakat Sambut Peserta Asian Games

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin resmi membuka kegiatan festival Diaspora

Menpar Buka HBDI di Palembang, Alex Noerdin Ajak Masyarakat Sambut Peserta Asian Games
IST
Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin resmi membuka kegiatan festival Diaspora Sriwijaya (Pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia/HBDI dan Festival Sriwijaya) di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu malam (8/8). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin resmi membuka kegiatan festival Diaspora Sriwijaya (Pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia/HBDI dan Festival Sriwijaya) di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu malam (8/8).

Pembukaan HBDI ditandai dengan pemukulan lesung oleh Menpar Arief Yahya dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Kegiatan HBDI berlaku di seluruh wilayah Indonesia sampai dengan berakhirnya penyelenggaraan Asian Games 2 September 2018 mendatang.

Selain itu, HBDI digelar juga dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-73 kemerdekaan RI.

Menpar Arief Yahya dalam kata sambutannya mengatakan, HBDI yang sudah dibuka dengan rekor MURI 18.818 buah pempek telah menjadi Trending Topic nasional di media sosial dan pemberitaan.

Selain itu, selama perhelatan ini Asian Games di Palembang diperkirakan uang sebesar Rp 1 Triliun akan beredar yang merupakan impact value dari Asian Games.

"Pak Presiden juga minta saat Asian Games nanti ada diskon harga besar-besaran di berbagai pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta dan Palembang. Jadi ini kaitannya kegiatan HBDI dengan Asian Games," ungkap Menpar dalam sambutannya.

"Saat ini semua mata tertuju pada Palembang Sumatera Selatan, jadi saya mengajak semua untuk memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan wisata yang ada di Provinsi Sumatera Selatan," lanjut Menpar.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam kesempatan itu mengajak semua lapisan masyarakat Sumsel untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang baik, tuan rumah yang bisa menjamu para tamu dengan baik.

“Mari kita jaga kebersihan, jaga ketertiban menyambut para tamu peserta Asian Games yang sudah mulai datang di Palembang. Malam ini kita menyaksikan bersama pembukaan HBDI yang dikaitkan dengan Festival Sriwijaya.Terima kasih kepada bapak Menteri Pariwisata karena telah banyak membantu pengembangan pariwisata di wilayah Sumsel,” terang Gubernur.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggaraan HBDI, Fetty Kwartati mengatakan, rangkaian agenda HBDI ini merupakan kado ulang tahun NKRI.

"Acara ini merupakan kado dari kami untuk ulang tahun negeri tercinta yang ke-73 selaku retailer, diantaranya diskon hingga 73 persen harga khusus Rp 73 ribu, serta diskon khusus untuk usia 73 tahun," papar Fetty dalam pidatonya.

"Dalam kegiatan HBDI banyak sekali harga promosi yang sengaja dikaitkan dengan peringatan HUT RI ke-73 tahun ini. Selain itu, bersamaan juga dengan kegiatan Asian Games untuk menarik minat wisatawan asing pada pelaksanaan Asian Games di Palembang," Lanjut Fetty.

Ia berharap melalui ritel skala nasional ini, kuliner lokal dan perhelatan HBDI akan terdengar hingga mancanegara. "Momentum Asian Games ini menjadi kesempatan perhelatan HBDI dimana para kontingen akan berburu kuliner lokal dan juga memperkenalkan kerajinan kain Songket Palembang yang menjadi tema HBDI kali ini," pungkasnya.

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved