Berita Banyuasin

Sawah-sawah di Banyuasin Mulai Mengering, Petani Mengharapkan Bantuan Pompa Air

Memasuki musim kemarau petani padi di Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin mulai kekeringan.

Sawah-sawah di Banyuasin Mulai Mengering, Petani Mengharapkan Bantuan Pompa Air
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Defri Irawan

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Memasuki musim kemarau petani padi di Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin mulai kekeringan.

Jika dibiarkan petani bisa gagal panen tahun ini, Minggu (5/8).

Dikatakan, Kepala Desa (Kades) Tebing Abang, Zainal Aripin, petani di Kecamatan Rantau Bayur saat ini mulai menamam padi. Ada juga petani yang sudah lebih dahulu menaman dan padi sudah tumbuh besar.

Yang menjadi kendala sekarang, memasuki musim kemarau, sawah petani mulai kekeringan. Petani takut jika ini dibiarkan berlarut-larut padi bisa mati dihantam cuaca panas.

"Di Desa Tebing Abang, banyak petani sudah mulai kekeringan dan bingung, mereka terpaksa memompa air dari sungai musi takut padi mati," ujar Aripin.

Lebih lanjut kata Aripin, yang dibutuhkan petani di Kecamatan Rantau Bayur saat ini bantuan mesin pompa dari Pemerintah karena tidak semua petani memiliki mesin pompa untuk mengangkut air.

"Kami berharap ada bantuan pinjaman dari Pemerintah karena jika ini dibiarkan kami bisa gagal panen dan padi banyak yang mati," harapnya.

Menambahkan Aliul (40) petani asal Dusun 2 Tebing Abang, saat ini dirinya pusing sawah yang ia garap mulai kering. Dan terpaksa mencari alternatif memompa air dari sungai musi.

"Jika ini dibiarkan pasti mati padi, apalagi panas tahun ini diprediksi hingga akhir tahun, mudah-mudahan saja tahun ini tidak merugi," harapnya.(def)

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved