Api Abadi Asian Games yang Dibawa Paskhas TNI Mendarat di Palembang dengan Sempurna

Api abadi Asian Games yang dibawa dari India sudah tiba di bumi Sriwijaya, tepatnya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ)

Api Abadi Asian Games yang Dibawa Paskhas TNI Mendarat di Palembang dengan Sempurna
TRIBUNSUMSEL.COM/GENIUS EBIT

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Weni Wahyuny

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Api abadi Asian Games yang dibawa dari India  sudah tiba di bumi Sriwijaya, tepatnya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, setelah melewati beberapa provinsi di Indonesia, Sabtu (4/8/2018).

Api yang berada di dalam tinder box dibawa langsung oleh Letkol Pasukan Helmi Ardianto Nange S.E., M.M dari Danden Matra 2/Naga Paksa yang terjun dari ketinggian 7.000 kaki bersama 51  Paskhas lainnya yang membawa bendera Asian Games dan protokol. 

Sebelum pasukan khas TNI AU mendarat di lapangan GSJ, atraksi Akrobatik Udara oleh Eris Herryanto yang merupakan Sekjen INASGOC berhasil membuat kagum para tamu yang hadir.

52 Paskhas TNI AU mendarat dengan sempurna dan dilanjutkan penyerahan api abadi kepada Marsekal Pertama Eko Dono yang merupakan Pimpinan Penerbangan Api Obor AGTR dari New Delhi India sampai dengan Palembang. Eko Dono berjalan dan langsung menyerahkan apo kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  kemudian diserahkan kepada Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang berada di Plaza GSJ. Di Plaza GSJ dilakukan prosesi penyulutan api dari tinder box ke mini couldron yang dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Dengan hati-hati Alex mengambil api dari dalam tinder box ke couldron dan sekejap saja api menyala di mini couldron. Alex langsung memegang obor dan menyulutkan api untuk dibawa lari sejauh 100 meter secara estafet. 

Alex nampak berlari perlahan dan sesekali berjalan. Meski nampak lelah tapi raut wajah Alex tetap tenang. Api obor dijaga dengan ketat. Kemudian api langsung diserahkan ke Kapolri , Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan para atlet  asal Sumsel yang membawa lari secara estafet hingga simpang Venue Bowling. Api kemudian dikirab keliling Palembang sejauh 24 km.

 
Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved