Berita Prabumulih

Ketua PSI Prabumulih Laporkan 2 Akun Facebook ke Polres Prabumulih, Merasa Nama Baik Tercemar

Ketua PSI Prabumulih Laporkan 2 Akun Facebook ke Polres Prabumulih, Merasa Nama Baik Tercemar

Ketua PSI Prabumulih Laporkan 2 Akun Facebook ke Polres Prabumulih, Merasa Nama Baik Tercemar
Tribun Sumsel/ Edison
Ketua Partai Solidaritas Indonesia kota Prabumulih, Sufyan Ats Aswari (baju hitam-red) dan kuasa hukum, Jhon Fiter bersama rekan ketika menunjukkan bukti penghinaan dan pencemaran nama baik dilakukan akun facebook Kamal TSG dan Iyong Bae, Kamis (2/8/2018). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Ketua Prabumulih'>PSI Prabumulih Laporkan 2 Akun Facebook ke Polres Prabumulih, Merasa Nama Baik Tercemar

Meski pemilihan kepala daerah (pilkada) telah usai, namun aksi saling lapor antar pendukung masih terus berlanjut.

Merasa nama baik dicemarkan dan dihina melalui media sosial facebook, Ketua Partai Solidaritas Indonesia kota Prabumulih, Sufyan Ats Aswari melaporkan dua pemilik akun facebook yakni Kamal TSG dan Iyong Bae ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Prabumulih, Kamis (2/8/2018).

Pria yang maju sebagai bakal calon legislatif di kota Prabumulih itu didampingi Kuasa Hukumnya, Jhon Fiter SH melaporkan Kamal TSG dan Iyong Bae lantaran dinilai melanggar UU ITE Pasal 27 ayat 3 tentang penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

Baca: LRT di Palembang Sempat Mogok 1 Jam, Alex : Bukan Mogok, Itulah Fungsi Uji Coba

Dalam laporan dengan nomor LP-B/141/VII/2018/RES PRABUMULIH itu Sufyan dan Jhon Fiter menjelaskan kedua terlapor melakukan penghinaan dan pencemaran nama baik dengan menyebar video maupun foto pada Senin (25/6/2018) sekitar pukul 22.00.

Tidak hanya tulisan tersebut, kata-kata dalam rekaman yang diunggah Kamal TSG dan Iyong Bae itu bahkan langsung memvonis terlapor bersama empat temannya atau saksi.

"Klien kami yang merasa tidak terima nama baik dicemarkan bersama kami lalu melaporkan hal itu ke Polres Prabumulih, karena terlapor tidak ada itikat baik untuk meminta maaf atau merubah posting di media sosial tapi membiarkan dalam waktu lama," ungkap Jhon Fiter didampingi Sufyan ketika diwawancarai wartawan.

Menurut Jhon, pihaknya melaporkan Kamal TSG dan Iyong Bae itu dengan sangkaan UU ITE pasal 27 ayat 3 tentang penghinaan dan atau pencemaran nama baik dimana berbunyi setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

"Ini merupakan pembunuhan karakter karena menggunakan media disebarkan dan seluruh dunia bisa mengakses karena mereka (terlapor-red) langsung memvonis, tapi kalau mereka menggunakan kata diduga atau disinyalir maka tidak bisa dilaporkan."

"Kalau ini tidak, mereka terang-terangan menghina dan mencemarkan nama baik klien kami," katanya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Kasat Reskrim Polres Prabumulih, AKP Eryadi Yuswanto SH MH ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan jika ada laporan yang masuk ke pihaknya terkait dugaan penghinaan dan atau pencemaran nama baik melalui media sosial.

"Laporan telah kami terima dan akan kami tindaklanjuti dengan menyelidiki serta mendalami kasus tersebut," tegasnya.

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help