Kebakaran Hutan dan Lahan

Asia Pulp Paper Kucurkan Rp 50 Miliar Cegah dan Tanggulangi Kebakaran Selama Asian Games

Tahun ini APP Sinar Mas di Sumatera Selatan telah menginvestasikan lebih dari Rp 170 Miliar

Asia Pulp Paper Kucurkan Rp 50 Miliar Cegah dan Tanggulangi Kebakaran Selama Asian Games
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Suasana di Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan Dalam Rangka Pengamanan Asian Games XVIII 2018 di Griya Agung, Jumat (3/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas menyiagakan seluruh sumber daya yang dimiliki guna mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan tahun ini. Musim kemarau tahun ini akan menjadi ujian berat bagi seluruh komponen bangsa, karena pada bulan ini juga berlangsung Asian Games di Palembang dan Jakarta.

Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto seusai kegiatan Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan Dalam Rangka Pengamanan Asian Games XVIII 2018 di Griya Agung mengatakan, pihaknya menilai, torehan prestasi adalah tujuan akhir dari ajang olahraga multi-event sekaliber Asian Games.

Itu bisa tercipta dalam kondisi yang kondusif. Dalam hal ini atmosfer kompetisi yang bebas asap.

Baca: Mikha Tambayong Sudah Deg-degan Sehari Sebelum Bawa Api Obor Asian Games 2018 Palembang

"Pada dasarnya, kami setiap waktu selalu berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di dalam, maupun sekitar konsesi yang kami kelola. Ketika agenda nasional seperti Asian Games berlangsung, upaya itu sudah pasti kami perkuat lagi," ujarnya, Jumat (3/8/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, khusus untuk pencegahan dan penanggulangan karhutla jelang dan selama Asian Games, sepanjang bulan Mei hingga Oktober tahun ini maka APP Sinar Mas mengalokasikan anggaran tambahan hingga Rp 50 Miliar di luar anggaran tahunan.

Keseluruhan, tahun ini APP Sinar Mas di Sumatera Selatan telah menginvestasikan lebih dari Rp 170 Miliar. Kontribusi ini di luar investasi lebih dari US$ 100 Juta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla hingga tahun 2018 ini.

Baca: Info Penutupan Jembatan Ampera Besok (Sabtu-Minggu) Ini Kata Kasat Lantas Polresta Palembang

"Selain itu disiagakan juga lebih dari 800 orang anggota regu pemadam kebakaran berikut 42 orang anggota Tim Reaksi Cepat yang memiliki kualifikasi khusus, yang didukung beragam peralatan, termasuk empat helikopter untuk melakukan pemadaman dari udara (water bombing), APP Sinar Mas mengaktifkan pula 184 pos pantau serta 36 menara api (pandang)," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, agar langkah pencegahan serta penanggulangan semakin cepat dan tepat, difungsikan pula Command Center dengan pusat data berbasis Geospatial Information System di Jakarta yang terhubung dengan situation room yang tersebar di seluruh satuan kerja di lapangan. Di situation room tadi, jumlah serta sebaran titik api, kondisi cuaca, konsesi beserta status pos dan menara pengamatan di lapangan dapat diketahui secara real time.

Baca: Cara Cek Ijazah Sudah Terdaftar di Kemeristekdikti Untuk Ikut Tes CPNS 2018

APP Sinar Mas turut bergerak di lapangan melalui edukasi berikut pendampingan bagi warga masyarakat. Wujudnya adalah program Desa Makmur Peduli Api yang diinisiasi pada pengujung 2015, secara integratif memberdayakan masyarakat serta mitra pemasok APP Sinar Mas melalui bidang wanatani (agroforestri) selaras dengan potensi dan karakteristik wilayah di mana mereka berada.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help