berita kesehatan

Jangan Takut, Ini Manfaat Melahirkan Secara Caesar

Betapa tidak, saat proses lahiran tentu sang ibu kebanyakan lebih memilih proses kelahiran secara normal dibandingkan melahirkan caesar.

Jangan Takut, Ini Manfaat Melahirkan  Secara Caesar
Facebook
Ibu melahirkan caesar 

TRIBUNSUMSEL.COM- Bagi wanita yang tengah menanti proses persalinan tentu menjadi hal yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Betapa tidak, saat proses lahiran tentu sang ibu kebanyakan lebih memilih proses kelahiran secara normal dibandingkan melahirkan caesar. 

Namun keinginan ini tak bisa dipaksa jika dokter menyarankan sang ibu untuk melakukan persalinan caesar karena beberapa hal demi keaselamatan ibu dan anak. Akan tetapi anda tak perlu khawatir dan cemas jika dokter menyarankan operasi caesar, karena ada beberapa manfaatnya. Berikut ulasannya :

1. Tidak terasa sakit

Banyak orang bilang saat melakukan operasi caesar salah satu keuntungannya yakni tidak terasa sakit. Meski ada  luka bekas operasi caesar yang butuh dirawat dalam waktu lebih lama dan harus hati-hati, tapi sisi positifnya Anda tidak akan mendapatkan jahitan pada bagian vagina.

2. Terkena Ambeien Lebih Kecil

Saat operasi caesar anda tak perlu mengejan. Hal ini membuat risiko terkena ambeien juga lebih kecil dibandingkan secara normal karena memerlukan tenaga untuk mengejan.

3. Bisa memilih hari kelahiran

Meskipun manfaat yang satu ini masih saja menjadi kontroversi, tapi bagi beberapa ibu yang terobsesi untuk melahirkan anaknya di tanggal yang cantik, caesar dapat memberikan keuntungan tersebut. Memilih tanggal lahir untuk seorang anak berarti dapat membantu Anda untuk menyiapkan segala macam keperluan bayi baru lahir dengan maksimal, mengatur berbagai hal di luar kelahiran juga seperti jadwal kerja dan hal lainnya.

4. Melahirkan tepat waktu

Terkadang prediksi dokter atau bidan tentang hari kelahiran tidaklah semuanya tepat. Ada yang mengalami kelahiran yang tidak tepat waktu dari prediksi baik maju ataupun mundur. Namun jika melahirkan secara caesar bisa dilakukan tepat waktu sesuai prediksi.

 5. Dapat mencegah penularan infeksi pada bayi

Seorang ibu yang mempunyai infeksi, seperti kanker serviks, ataupun STD biasanya akan disarankan dokter untuk melakukan persalinan dengan operasi caesar. Hal tersebut karena melahirkan dengan operasi caesar akan meminimalisir kemungkinan adanya penularan infeksi dari ibu ke bayi. Bahkan apabila seorang ibu melahirkan bayi kembar dua atau tiga, manfaat yang satu ini tetap berlaku pada saat wanita melahirkan secara caesar.

6. Menghindari robek otot

Melahirkan secara caesar akan dapat menurunkan risiko robeknya otot seperti pada saat melahirkan normal. Tidak jarang otot pelvis dan jaringan pada vagina robek pada saat melahirkan secara normal. Selain itu, melahirkan dengan operasi caesar juga dapat menghindari komplikasi masalah dengan bagian an-us dan va-g!na pada saat melahirkan normal.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Sri Hidayatun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help