Koalisi Demokrat-Gerindra Bisa jadi Batu Sandungan Jokowi Sebut Mahfud MD

Koalisi Demokrat-Gerindra Bisa jadi Batu Sandungan Jokowi Sebut Mahfud MD Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menilai dukungan Partai Demokrat

Koalisi Demokrat-Gerindra Bisa jadi Batu Sandungan Jokowi Sebut Mahfud MD
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) sebelum melakukan pertemuan tertutup di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018). Partai Demokrat resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam Pilpres 2019. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Koalisi Demokrat-Gerindra Bisa jadi Batu Sandungan Jokowi Sebut Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menilai dukungan Partai Demokrat ke Gerindra untuk mendukung Prabowo Subianto maju menjadi capres 2019, akan menjadi batu sandungan untuk calon petahana Joko Widodo (Jokowi). 

"Bisa juga mungkin (menjadi ganjalan), mungkin juga, saya tidak tahu," ujar Mahfud, di  Sanggar Prativi Building, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018). 

Namun sandungan itu menurut Mahfud tidak terlalu banyak, sebab batu sandungan itu selama ini berada di luar koalisi pemerintahan. 

"Karena bukan pecahan, karena memang yang selama ini diluar, kemudian menyatukan diri," ujar anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu. 

Sebelumnya SBY dengan tegas mengatakan Prabowo Subianto sebagai capres penantang Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019 mendatang dan memberikanan kepercayaan sepenuhnya kepada Prabowo Subiantountuk menentukan cawapresnya.

"Saya ingin menegaskan kembali, sekali lagi Presiden SBY tidak menuntut atas nama partai Demokrat suatu nama tertentu."

"Sama sekali beliau berkali-kali menyampaikan kepada saya bahwa beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya seandainya saya nanti yang akan menjadi calon presiden dari koalisi ini," ujar Prabowo Subianto.

Dalam 10 hari ke depan, Partai Demokrat dan Partai Gerindra akan menentukan cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto serta menentukan visi-misi sebelum pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

SBY mengatakan visi misi yang akan dibangun berorientasi kepada kepentingan rakyat dengan tidak melupakan nilai-nilai kebebasan demokrasi, penegakan hukum secara adil, pemberantasan korupsi yang tidak tebang pilih, pertahanan keamanan, kedaulatan negara dan hubungan internasional yang berpengaruh.

"Saya ulangi lagi visi dan misi kalau tidak salah harus diserahkan kepada KPU pada saat pendaftaran."

"Saya berharap visi-misi tidak usah panjang lebar muluk-muluk jadinya nanti malah tidak bisa ditepati, yang simpel saja, yang konkret saja yang penting bisa dilaksanakan. Itulah yang saya sampaikan terima kasih," ujar SBY.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mahfud MD Sebut Koalisi Demokrat-Gerindra jadi Batu Sandungan Jokowi, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/31/mahfud-md-sebut-koalisi-demokrat-gerinda-batu-ganjalan-jokowi.
Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Johnson Simanjuntak

Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved