Berita Baturaja

Pemkab OKU Budidaya Durian Semengok Sakti, Kualitas Super Biji Kecil Daging Tebal

beratnya bisa mencapai 2,7 kilogram. Warna daging buah durian kekuningan. Tinggi pohon durian jenis ini bisa mencapai 20 meter

Pemkab OKU Budidaya Durian Semengok Sakti, Kualitas Super Biji Kecil Daging Tebal
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Kepala Dinas Pertanian OKU Ir Jhoni Saihu 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Dinas Pertanian, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di tahun 2018 ini mengebangkan durian jenis Semengok Sakti. Sedikitnya ada 500 batang bibit buah durian semengok sakti akan dibudidayakan.

Kepala Dinas Pertanian OKU Ir Jhoni Saihu saat dihubungi Tribun Sumsel, Jumat (27/7/2018) mengatakan, durian semengok sakti ini merupakan asli buah durian khas daerah bumi sebimbing sekundang.

Kualitasnya super. Bijinya kecil dagingnya tebal. Rasanya juga manis.

Baca: Pemain dan Staf Pelatih Bubar, Begini Nasib WAGs Sriwijaya FC, Padahal Sudah Buat Kostum

"Bahkan beratnya bisa mencapai 2,7 kilogram lebih perbuah. Warna daging buah durian kekuningan. Tinggi pohon durian jenis ini bisa mencapai 20 meter," kata Jhoni Saihu.

Durian semengok sakti ini termasuk komiditi langka. Karena itu untuk mempertahankan keberadaan durian ini pihaknya berusaha melakukan pengembangan.

Menurut Jhoni, saat ini tahap menyebarkan ke 13 kecamatan di wilayah daerah berjuluk bumi sebimbing sekundang saja.

Baca: Alpian Janji 3 Tahun Lagi Warga Pagaralam Tidak Alami Musim Paceklik Kopi

"Penyebaran menunggu musim hujan tiba sekitar awal bulan oktober nanti. Tahun ini kita kembangkan sebanyak 500 batang. Tahun 2019 nanti kita anggarkan lagi. Kemarin pada hari selasa kita menyumbang ke UNSRI sebanyak 100 batang agar diteliti dan ikut mengembangkan durian tersebut," jelas Jhoni.

Durian semengok sakti ini, kata Joni sudah mereka daftarkan dan sudah mendapatkan sertifikat tanda daftar verietas tanaman lokal dari pusat perlindungan varietas tanaman dan perizianan pertanian. Kementerian Pertanian.

"Dengan sertifikat bukti pendaftaran ini, sehingga tidak bisa diklaim lagi oleh daerah lain durian semengkk sakti ini," katanya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help