Waspada Ini 5 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Perlu Kita Ketahui

Waspada Ini 5 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Perlu Kita Ketahui Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang

Waspada Ini 5 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Perlu Kita Ketahui
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

Kita bisa mendeteksi lebih awal penyakit ini, dengan melihat tanda-tanda peringatan di bawah. Kalau kita mengalaminya, akan lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Simak lebih lengkapnya, yuk!

1. Munculnya kutil

Seorang ginekolog Rosa Maria Leme bilang kalau munculnya kutil kecil (eksternal dan internal) adalah tanda untuk beberapa penyakit seperti HPV, yang sangat meningkatan kemungkinan kanker serviks pada cewek.

2. Nyeri dan pendarahan

Jika panggul terasa tidak nyaman dan terjadi perdarahan juga merupakan tanda peringatan dari kanker serviks karena dinding serviks mengering dan bahkan retak karena pertumbuhan sel yang tidak normal.

Perdarahan rektal atau kandung kemih juga dapat terjadi meskipun pada stadium lanjut. Pendarahan di luar menstruasi juga harus diwaspadai, girls.

Rasa nyeri juga bisa terjadi area pinggang, pinggul, hingga pembengkakan kaki.

3. Anemia

Tanda lain dari kanker ini adalah terserang anemia. Jika kita merasa sering cepat lelah, atau detak jantung meningkat, kita harus memeriksakan diri untuk mengetahui alasan di balik gejala tersebut.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help