Berita PALI

Cegah Cacat Janin, Dinkes PALI Sebar Vaksin MR ke Sekolah 1-31 Agustus

Dampak dari Rubella adalah cacat janin yaitu katarak, tuli, cacat jantung bawaan dan retardasi mental

Cegah Cacat Janin, Dinkes PALI Sebar Vaksin MR ke Sekolah 1-31 Agustus
Tribun Sumsel/ Ari Wibowo
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI, dr H Muzakir 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI-Pemerintah kembali bakal menggelar vaksinasi massal MR di luar pulau jawa, termasuk di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mulai awal Agustus sampai Akhir September 2018,

Dimana vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak atau Measles (M) dan Rubella (R).

Kabar itu disampaikan langsung kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI, dr H Muzakir. Dia mengatakan target awal pemberian vaksinasi adalah ke sekolah-sekolah dari TK/PAUD sampai tingkat SMA yang siswa-siswi dibawa usia 15 tahun.

"Dari tanggal 1-31 Agustus kita akan ke sekolah-sekolah dengan target PAUD sampai SMA usia di bawah 15 tahun. Selanjutnya, dari tanggal 1-30 September kita lakukan vaksinasi secara umum, dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun," kata Muzakir, Senin(23/7/2018).

Muzakir menegaskan bahwa tugas Dinkes adalah melaksanakan program vaksin MR sesuai jadwal. Sebab, dampak dari Rubella adalah cacat janin atau dikenal dengan CRS (congenital rubella Syndrome) yaitu katarak, tuli, cacat jantung bawaan dan retardasi mental.

"Salah satu cara yang ada saat ini dan efektif yaitu vaksinasi. kalau ada yang menolaknya atas dasar agama itu pilihannya, dia yang tau dalil dan menafsirkanya. Fatwa MUI tentang imunisasi juga ada. Dan itu hak mereka untuk menerima atau tidak," jelas Muzakir.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help