Sumsel Gemilang

Wagub Ishak Mekki Buka Seminar Nasional dan Konferensi IAI

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki membuka Seminar Nasional dan Konferensi Daerah XI Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sumatera Selatan

Wagub Ishak Mekki Buka Seminar Nasional dan Konferensi IAI
Wagub Sumsel Ishak Mekki 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki membuka Seminar Nasional dan Konferensi Daerah XI Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sumatera Selatan di Ballroom STIFI Bhakti Pertiwi Palembang, Sabtu (21/7).

Menurutnya, seminar yang dilakukan ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan ilmu pengetahuan IAI dan sekaligus apat memberikan kontribusi pada pelayanan kesehatan di Sumsel.

Dijelaskannya, pembangunan nasional pada intinya ditunjukkan untuk pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Hal ini sesuai dengan 9 agenda prioritas (Nawacita), seperti agenda ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan salah satu bidang yang berperan adalah kesehatan.

"Untuk itu kami harapkan Apoteker sebagai tenaga kesehatan dapat lebih berperan secara aktif dan nyata meningktakan derajat kesehatan yang dirasakan langsung oleh masyarakat Sumsel,"tutur Ishak.

Dia menilai, peran Apoteker tidak hanya sebatas pelayanan obat tetapi juga memberikan petunjuk penggunaan obat tersebut dan meningkatkan kepatuhan pasien dalam meminum obat.

"Peran organisasi Apoteker tetap terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggotanya untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat yang makin meningkat akan pelayanan kesehatan. Untuk itu saya sangat mendukung kegiatan sedang dilakukan ini,"katanya.

Selain itu, lanjut Ishak tantangan di dunia farmasi saat ini adalah masih kurangnya tenaga farmasi yang menepati puskesmas-puskesmas terutama di daerah terpencil.

Oleh karena itu IAI dapat mendorong anggotanya untuk dapat mengikuti program nusantara sehat selama 2 tahun untuk ditempatkan di puskesmas-puskesmas terpencil.

Di samping itu juga, IAI diminta juga ikut terlibat secara aktif dalam sosialisasi pencegahan pengan yang mengandung formalin dan borax pada makanan jajanan anak sekolah.

Halaman
12
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved