Berita OKI

Bupati OKI Iskandar SE Minta Polisi Tindak Tegas Pembakar Lahan, 'Tembak di Tempat'

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE meminta penegak hukum agar menangkap dan menghukum pelaku pembakar lahan yang menyebabkan

Bupati OKI Iskandar SE Minta Polisi Tindak Tegas Pembakar Lahan, 'Tembak di Tempat'
Tribun Sumsel
Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE meminta penegak hukum agar menangkap dan menghukum pelaku pembakar lahan yang menyebabkan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten OKI. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE meminta penegak hukum agar menangkap dan menghukum pelaku pembakar lahan yang menyebabkan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten OKI.

Apalagi mengingat Indonesia khususnya Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi tuan rumah even olahraga terbesar di Asia, Asian Games.

Upaya tersebut diminta Langsung Iskandar kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Kayu Labu, Kecamatan Pedamaran Timur

Baca: Ada Terduga Teroris Ditangkap di Mariana Banyuasin, Ini Kata Kapolda Sumsel

"Kalau bandel, tembak ditempat," ujarnya.

Menurutnya, imbauan ataupun warning agar oknum masyarakat tidak membakar lahan atau membuka lahan dengan cara membakar terus disuarakan.

"Di jajaran pemerintah, kepolisian dan TNI akan segera berkoordinasi terkait hal ini. Kami juga mengimbau agar kades juga dapat memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak membakar lahan," katanya.

Dijelaskan Bupati, kejadian karhutla ini memang baru terjadi (lagi) setelah tiga tahun lalu.

Baca: Aksi Beto Ikat Tali Sepatu Saat Diserang Juga Pernah Dilakukan Mantan Bintang Brasil di Piala Dunia

"Baru sekarang yang kelihatan cukup luas, kalau dulu spotnya sedikit, dan dengan luas di bawah satu hektar, dan skrng lebih dari 10 hektar," jelasnya.

"Sekarang kalau ada titik api langsung keroyok. Semuanya turun, mulai dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD hingga masyarakat untuk melakukan tindakan pemadaman. Masyarakat juga, kalau melihat ada api segera lakukan pemadaman," tegasnya.

Terkait keinginan Bupati untuk memberikan tindakan tegas terhadap pembakar lahan ini, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain mengungkapkan, tindakan tegas memang diperlukan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku pembakar lahan.

Baca: Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018: Mitos Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Bulan, Ini Penjelasannya

“Kapolres didengar, tadi kata Bupati tindak tegas bila perlu tembak ditempat pelaku pembakar hutan," tegasnya.

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help