Berita Politik

Pengamat Politik : Sosok Cawapres Jokowi Lengkap Sesuai Keahlian, Tinggal Kebutuhan

Peneliti dari LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan, keputusan memilih cawapres bergantung pada kebutuhan Jokowi sendiri

Pengamat Politik : Sosok Cawapres Jokowi Lengkap Sesuai Keahlian, Tinggal Kebutuhan
KOMPAS.COM/RAHMAT FIANSYAH
Dua peneliti Lingkaran Survei Indonesia Ade Mulyana (kiri) dan Ardian Sopa memaparkan hasil hitung cepat di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (9/7/2014). Berdasarkan hitung cepat itu, Jokowi-JK mendapat 53,37 persen dan Prabowo Hatta mendapat 46,63 persen. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Presiden Joko Widodo disebut telah mengantongi sejumlah nama yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya pada Pemilu 2019.

Disebutkan pula bahwa cawapres Jokowi telah mengerucut menjadi 10 nama. Lalu, bagaimana sebenarnya kriteria cawapres yang pas untuk Jokowi?

Peneliti dari LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan, keputusan memilih cawapres bergantung pada kebutuhan Jokowi sendiri.

"Kalau dilihat dari sekarang tentu akan banyak pertimbangan," jelas Ardian ketika ditemui di kantornya di Jakarta.

Ardian mengungkapkan, apabila Jokowi ingin memperkuat parlemen, maka pilihan cawapres bisa jatuh kepada semisal Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, atau Romahurmuziy. Ketiganya adalah pimpinan partai politik.

Adapun jika Jokowi ingin memperkuat ekonomi, maka nama Sri Mulyani Indrawati atau Susi Pudjiastuti bisa saja menjadi pilihan. Kemudian, jika Jokowi ingin memperkuat keamanan, maka nama Moeldoko atau Tito Karnavian dapat dipilih.

"Jadi tergantung dengan kepentingan isu dia (Jokowi). Kalau isu Pancasila dinilai kuat, maka bisa saja Pak Mahfud MD, Moeldoko, atau Tito yang dapat porsi lebih," ungkap Ardian.

Ia memandang, sejauh ini belum ada tokoh kandidat cawapres yang dapat mewakili semua kepentingan yang telah disebut.

Akan tetapi, tokoh seperti Airlangga disebut Ardian bisa mewakili dari sisi parlemen maupun ekonomi, namun tidak dari sisi keamanan.(Kompas.com/Sakina)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cawapres Pilihan Jokowi Tergantung Kebutuhan", https://nasional.kompas.com/read/2018/07/18/13254731/cawapres-pilihan-jokowi-tergantung-kebutuhan.

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved