Berita OKI

Bupati OKI Perintahkan Bentuk Tim Investigasi Kebakaran Lahan di Sepucuk

Jangan coba-coba bermain api. Saya tidak tenang dengan adanya kebakaran lahan ini, karena mencakup nama baik Kabupaten Ogan Komering Ilir

Bupati OKI Perintahkan Bentuk Tim Investigasi Kebakaran Lahan di Sepucuk
Istimewa
Perwakilan Pemkab OKI, TNI, dan Polisi menggunakan perahu mengecek lokasi kebakaran lahan di Ogan Komering Ilir 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG-Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE langsung memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim investigasi terkait bencana kebakaran hutan, kebun, dan lahan (karhutbunla) di wilayah Sepucuk.

Bahkan, pasca menghadiri rapat paripurna di sekretariat DPRD OKI, Senin (16/7), Bupati Iskandar langsung terjun ke lokasi kebakaran di kawasan HGU PT Tambang, di Kawasan Sepucuk, Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI.

Dirinya juga memerintahkan agar tim pemadam dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI untuk terus memantau kejadian ini.

“Kami akan bahas ini di rapat forkopimda agar segera dibentuk tim invetigasi agar tau permasalahan lahan yang terbakar ini,” katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar pihak BPBD OKI menyurati pihak perusahan untuk bertanggungjawab terhadap kejadian ini dan agar api di lokasi wilayah mereka segera padam.

“Saya tegaskan, api harus padam dalam satu hari ini. Saya ingatkan, jangan coba-coba bermain api. Saya tidak tenang dengan adanya kebakaran lahan ini, karena mencakup nama baik Kabupaten Ogan Komering Ilir,” tegasnya.

Apalagi, lanjut Bupati, Indonesia akan menjadi tuan rumah even internasional, Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Lahan yang terbakar sendiri, menurut Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin kurang lebih berjumlah 70 hektare.

“Kita akan terus berupaya untuk memadamkan api. Ada beberapa titik yang masih berupaya dipadamkan, termasuk menggunakan helikopter untuk water booming,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Rambang, Sahrul mengungkapkan, pihaknya berjanji kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) OKI akan segera memadamkan api ini. 

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved