Berita Prabumulih

Tiap Tahun 80 PNS Pensiun, Pemkot Prabumulih Kekurangan 520 Pegawai

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota Prabumulih, setiap tahun terus mengalami penguranga

Tiap Tahun 80 PNS Pensiun, Pemkot Prabumulih Kekurangan 520 Pegawai
NET
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM,PRABUMULIH - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota Prabumulih, setiap tahun terus mengalami pengurangan cukup drastis sementara penerimaan tidak pernah dilakukan beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Pemerintah kota Prabumulih tercatat sebanyak 60 orang hingga 80 orang pensiun setiap tahunnya.

"Pegawai kita berkurang banyak setiap tahunnya, hal ini disebabkan banyak yang pensiun sekitar 60-80 orang. Kalau untuk mutasi keluar tidak berpengaruh karena yang masuk juga banyak atau sebanding," beber Kepala Sub Bidang Pemindahan dan Pensiun, Nekson ketika diwawancarai wartawan belum lama ini.

Menurut Nekson, untuk jumlah pensiunan tahun ini sebanyak 68 orang dan khusus pensiun di tanggal 1 Agustus nanti berjumlah 4 orang masing-masing 2 Guru SD, 1 pegawai Dinas Pertanian dan 1 pegawai RSUD Prabumulih.
"Berdasarkan data kita kalau untuk pejabat yang bakal pensiun pada 1 Oktober nanti satu orang yakni kepala dinas PU, Ardi," katanya.

Lebih lanjut Nekson menjelaskan, pada 2017 lalu jumlah pegawai yang pensiun mencapai 78 orang, begitupun pada tahun-tahun sebelumnya. "Jadi pegawai kita terus berkurang tiap tahun karena pensiun, sementarakita sudah lama tak melakukan penerimaan CPNS jadi pegawai semakin berkurang," jelasnya.

Sementara sebelumnya, Plt Kepala BKDSDM Pemkot Prabumulih, Kholikin menyebutkan untuk Pemkot Prabumulih sejak tahun 2011 lalu sampai dengan April 2018 ini total ada 520 orang yang pensiun. "Itulah angka penerimaan CPNS yang akan diajukan," sebutnya.

Kholikin menegaskan di tahun 2018 ini dipastikan ada penerimaan CPNS untuk kota Prabumulih. "Entah itu dibulan Juli ataupun bukan yang pasti 2018 ini ada penerimaan CPNS di kota Prabumulih ini," lanjutnya.

Hanya saja Kholikin menuturkan, pihaknya belum berani menyebutkan kapan tanggal akan mengumumkan pembukaan CPNS tersebut mengingat pihaknya juga masih menunggu hasil dan formasi yang pasti dari Menpan-RB. "Pastinya tahun ini KemenPAN-RB membuka penerimaan CPNS berdasarkan jumlah PNS yang pensiun dan kuota penerimaan CPNS biasanya dilakukan berdasarkan jumlah kebutuhan dari pemerintah itu sendiri," tambahnya.

Penulis: Edison
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help