Berita Lubuklinggau

Jadi Binaan BNN Lubuklinggau,Pengedar Narkoba Banting Setir Jadi Peternak Ikan Lele

Padli (30) terlihat tampak ceria saat melepaskan ikan di kolam budidaya milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau

Jadi Binaan BNN Lubuklinggau,Pengedar Narkoba Banting Setir Jadi Peternak Ikan Lele
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS
Suasana pelepasan ikan lele di kolam binaan BNN Kota Lubuklinggau kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Barat 2. 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Padli (30) terlihat tampak ceria saat melepaskan ikan di kolam budidaya milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau di RT 02, Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat 2.

Warga Karya Bakti, Kecamatan Lubuklinggau Timur 2 itu kedepan hari-harinya akan disibukkan dengan mengurus ikan lele bersama sembilan orang temannya.

Mantan pecandu narkoba itu mengaku bersyukur dengan adanya pembinaan yang dilakukan BNN membuat wawasannya terbuka dan bisa membuatnya jauh dari narkoba.

"Ada kegiatan sehari-sehari, kemaren ditangkap ditahan BNN selama lima bulan," ungkapnya pada Tribunsumsel.com, Kamis (12/07).

Ia mengatakan terjerumus dan mengenal narkoba karena pergaulan teman-temannya. Dengan adanya pembinaan dari BNN ia berharap hidupnya bisa berubah sama dengan masyarakat pada umumnya.

"Mudah-mudahan sukses pak, bisa untung dan programnya berkelanjutan, yang jelas kedepan ada kesibukan dan penghasilan," kata dia.

Kepala BNN Lubuklinggau AKBP Edi Nugroho mengatakan kegiatan itu merupakan pemberdayaan dengan tujuan mencegah penyalagunaan narkoba ditengah masyarakat.

“Agar anak muda bekerja dengan baik produktif hingga mereka tidak terlibat dengan penyalagunaan narkoba, itu hal yang positif," ujar Edi.

Edi menjelaskan yang akan mengurus kolam lele tersebut adalah mantan penyalagunaan narkoba dan para pengiat dengan harapan mereka akan produktif.

"Ada dua kolam yang dikelola 10 orang. Satu kolam 20 ribu lele kita lepaskan sekaligus. Alasannya karena panennya lebih cepat dari pada ikan lainnya," ucapnya.

Program tersebut rencananya akan berkelanjutan dan program yang mereka jalankan saat ini merupakan yang pertama. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan membudidayakan ikan jenis lainnya,

“Program ini melibatkan Dinas Perikanan, Disnaker, kedepan kita berharap pemerintah kota yang menyiapkan perlengkapannya sedangkan kita menyiapkan orang-orangnya," ujar Edi.

Pelepasan acara tersebut dihadiri oleh Plt Asisten I Kota Lubuklinggau, Kgs Efendi Fery, ‎Dandim 0406 MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal,Kadispora, H Surya Darma dan Kapolsek Lubuklinggau Barat, Iptu Sofian Hadi.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved