Berita Palembang

Bikin Paspor Jangan Mendadak-mendadak

Seorang laki-laki berumur sekitar 20 tahun datang tergopoh-gopoh ke pusat pelayanan Imigrasi Kelas 1 Jakabaring Palembang,

Bikin Paspor Jangan Mendadak-mendadak
tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
Para pemohon paspor saat datang ke Kantor imigrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Seorang laki-laki berumur sekitar 20 tahun datang tergopoh-gopoh ke pusat pelayanan Imigrasi Kelas 1 Jakabaring Palembang, Senin (9/7). Dia terlihat sedikit bingung mau melakukan apa di tempat mengurus paspor itu. 

Satpam Imigrasi datang menghampiri. "Mau urus apa pak?," "Saya mau buat paspor," jawab laki-laki itu. "Oh sudah daftar online belum, kalau belum silakan daftar dulu, buka aplikasi daftar paspor online lalu unduh, silakan dicoba, " kata si Satpam.

Keluarlah laki-laki ini, dia makin bingung daftar online seperti apa.

Salah satu pengunjung di Imigrasi melihat kebingungan lelaki ini, lalu memberikan solusi.  "Sini pak, saya bantu," kata pengunjung ini. 

Tak lama, dia mengutak-atik ponsel androidnya. "Nah, sudah, kamu sudah daftar, tapi tidak bisa mengurus paspornya hari ini, kamu dapat di tanggal 18 Juli untuk mengurusnya," ujarnya. 

Begitulah salah satu suasana di kantor Imigrasi. Di satu sisi sudah banyak yang tahu kalau membuat paspor harus daftar online, tidak bisa lagi mengantre manual.

Tapi tidak sedikit juga yang baru tahu layanan ini. "Sekarang memang tidak bisa lagi antre manual, semua harus lewat online," kata Budiono, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakabaring Palembang.

"Kalau sudah daftar, nanti kelihatan jadwalnya kapan dan jam berapa, baru ke kantor Imigrasi," jelasnya kepada Tribun.

Terpisah, Kasi Informasi, Irawan mengatakan, mau ke luar negeri harus terencana, tidak bisa mendadak-mendadak.

Apalagi, banyaknya orang yang antre membuat paspor, sistem daftar online, tidak bisa hari ini daftar, hari ini bikin paspor. " Daftar hari ini, jadwalnya untuk satu minggu ke depan, itu memang begitu," terang Irawan.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan dokumentasi ke luar negeri jauh-jauh hari agar lancar. "Walaupun dalam waktu dekat belum ada rencana ke luar negeri, tak ada salahnya uruslah paspornya dari sekarang. Berlakunya kan lima tahun. Selain itu kalau sudah mau habis enam bulan dari masa berlaku, segera jugalah melakukan penggantian," kata Irawan. 

Pantauan Tribun, kantor Imigrasi ramai didatangi masyarakat yang ingin membuat paspor. Suasana terlihat tertib karena pengunjung yang datang sesuai dengan jadwal jam yang sudah diumumkan pada saat mendaftar online. Igun, salah satu pengunjung mengatakan dirinya mendapatkan nomor antre pukul 11.00. "Rencana mau ke Malaysia, sama istri dan orangtua," katanya. 

Igun mengaku untuk mendaftar paspos online, cukup susah menggunakan akun pribadi. "Beberapa kali coba masuk gagal, tapi akhirnya bisa juga," katanya.(lis)


Persyaratan Bikin Paspor
* Daftar paspor online di www.imigrasi.go.id, pilih kanal antrean paspor online
* Setelah bisa masuk, akan didapat jadwal antrean bikin paspor
* Bawa fotokopi KK, KTP, akte kelahiran, akte nikah, paspor lama (jika perpanjangan/pergantian)
* Siapkan juga materai
* Biaya paspor Rp 355 ribu

Penulis: Lisma
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help