Berita Prabumulih

Tak Jadi Rujukan Tes Kesehatan, Dewan Panggil KPUD Prabumulih

Tidak ditunjuknya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih menjadi rujukan untuk tes kesehatan rohani bakal c

Tak Jadi Rujukan Tes Kesehatan, Dewan Panggil KPUD Prabumulih
tribunsumsel.com/Edison Bastari
ajara anggota komisi I DPRD Prabumulih ketika menggelar rapat terbatas bersama KPUD dan RSUD Prabumulih guna membahas rumah sakit rujukan tes kesehatan bagi bacaleg, Senin (9/7/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM,PRABUMULIH - Tidak ditunjuknya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih menjadi rujukan untuk tes kesehatan rohani bakal calon legislatif (bacaleg), menjadi perhatian serius Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prabumulih.

Anggota DPRD Prabumulih mendesak KPU agar RSUD Prabumulih menjadi rujukan tes kesehatan bagi bacaleg lantaran fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki RSUD Prabumulih sudah cukup lengkap.

Desakan tersebut disampaikan para dewan dalam pertemuan terbatas antara anggota Komisi I DPRD Prabumulih dengan Komisioner KPU Kota Prabumulih dan Drektur RSUD Prabumulih diruang kerja Komisi I, Senin (9/7/2018).

"RSUD Prabumulih lengkap, tenaga medis ada, fasilitas lengkap kenapa tidak dirujuk jadi tempat tes kesehatan. Untuk itu kami mendesak supaya ini diusulkan karena di rumah sakit tempat lain padat dan banyak bakal calon legislatif yang melakukan tes, jika di Prabumulih ada tentu akan memudahkan para bacaleg," ujar Anggota Komisi I DPRD Prabumulih, Ir Heriyanto ketika diwawancarai wartawan.

Heriyanto mengatakan, tidak hanya KPU namun pihaknya juga mendesak agar RSUD Prabumulih segera menjalin kerjasama dengan himpunan psikologi (HIMPSI) yang merupakan persyaratan rumah sakit ditunjuk sebagai tempat tes kesehatan bakal calon legislatif. "Pihak rumah sakit kami harapkan segera berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan HIMPSI," katanya seraya mengatakan selain akan membantu juga dengan ditujuk sebagai tempat tes tentu akan menambah penghasilan rumah sakit tersebut.

Komisioner KPU Prabumulih Divisi Hukum, Sirodjudin SH didampingi Devisi Teknis, Wawan Irawan membenarkan, RSUD Prabumulih tidak menjadi rujukan bagi bacaleg untuk menjalani tes kesehatan rohani. "Penunjukan rumah sakit sebagai tempat tes kesehatan bukan menjadi wewenang kami namun ditentukan KPU Pusat langsung," katanya.

Namun menurut Sirodjudin, RSUD Prabumulih bisa menjadi rujukan sebagai tempat tes kesehatan Bacaleg apabila memenuhi syarat. "Syarat tersebut salah satunya ada kerja sama dengan instansi terkait seperti HIMPSI dan syarat lainnya," tambahnya.

Sementara, Direktur RSUD Prabumulih, dr Yus Ukhtiwiyah mengaku akan segera berkoordinasi dengan HIMPSI agar RSUD Prabumulih dapat menjadi rujukan tes kesehatan bagi bacaleg khususnya Bacaleg Prabumulih.

"Kami akan berkoordinasi tentunya. Sebetulnya sarana dan prasarana serta SDM (sumber daya manusia-red) sudah ada namun mungkin tidak terdata saja oleh KPU pusat, padahal kita lebih memadai dibanding beberapa rumah sakit yang ditunjuk KPU sebagai rujukan tes kesehatan bacaleg," bebernya.

Penulis: Edison
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help