Berita Baturaja

Baru Daftar Sekarang,Calon Jamaah Haji Asal Baturaja Baru Bisa Berangkat Tahun 2034

Jika masyarakat di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji di tahun 2018

Baru Daftar Sekarang,Calon Jamaah Haji Asal Baturaja Baru Bisa Berangkat Tahun 2034
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
MANASIK - Ribuan calon jemaah haji menghadiri manasik haji di Masjid Agung Palembang, Senin (25/6/2018). Manasik haji ini dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI) 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Jika masyarakat di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji di tahun 2018 ini.

Baru bisa diberangkatkan pada tahun 2034 mendatang.

Hal ini ditegaskan, Kepala Sesi (Kasi), Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Drs H Mahmud saat dihubungi Tribun Sumsel.

"Masa tunggu untuk melaksanakan haji cukup panjanh. Khusus di OKU jika daftat sekarang maka baru bisa diberangkatkan pada 2034 mendatang," jelas H Mahmud.

Penyebabnya tak lain karena  pendaftar di OKU ini sudah lebih dari 6000 orang Calon Jemaah Haji (CJH).

"Saya tidak hapal berapa banyak CJH perempuan, dan berapa banyak CJH Laki-laki. Rincianya ada, tapi saya tidak hapal," katanya.

Disamping itu ia menjelaskan, sebanyak 338 Calon Jamaah Calon Haji (JCH) dari daerah berjuluk bumi sebimbing sekundang akan akan diberankatkan ke Madinah pada 24 Juli 2018 mendatang.

"Sesuai jadwal, pada 23 Juli malam berangkat dari Baturaja ke Asrama Haji Palembang, Pada 24 Juli malam hari akan diberangkatkan ke Madinah," katanya.

Ia menjelaskan rencananya rombongan CJH OKU keberangkatanya akan dilepas oleh Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis.

Direncanakan juga sebelum berangkat CJH asal OKU akan diundang Bupati ke Rumah Dinas pada tanggal 11 Juli mendatang.

Saat disinggung berapa banyak CJH laki-laki dan perempuan yang diberangkatkan, H Mahmud mengaku tidak begitu hapal. Datanya ada di kantor.

Namun saat ditanya, jika dilihat dari pekerjaan atau profesi dari 338 CJH asal OKU tersebut, CJH didominasi oleh petani. Rincian sekitar 60 persenya sebagai petani. Sementara 40 persenya pegawai dan pedagang.

"Memang waktu daftar dulu harga karet lagi buming /mahal. CJH yang akan diberangkatkan tahun ini kebanyakan dari daerah Kecamatan Lubukraja, Peninjauan dan Sinar Peninjauan," jelasnya.

Mengingat waktu keberangkatan yang sudah dekat, H Mahmud menghimbau kepada CJH di OKU, agar menjaga kesehatan. Sehingga tidak ada penghalang pada keberangkatan nantinya.

"Untuk kesehatan CJH sudah kita lakukan pemeriksaan beberapa waktu lalu. Alhamduillah tidak ada kendala untuk kesehatan ini. Semua CJH yang ada sesuai kuota akan diberangkatkan," jelasnya

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help