Berita Pagaralam

Jembatan Endikat Pagaralam Ditutup, Masyarakat Mulai Merasakan Dampaknya

Perbaikkan Jembatan Endikat yang merupakan akses penghubung Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat sudah mulai dilakukan pada 1 Juli lalu.

Jembatan Endikat Pagaralam Ditutup, Masyarakat Mulai Merasakan Dampaknya
SRIWIJAYA POST/WAWAN SEPTIAWAN
JEMBATAN ENDIKAT : Tampak pekerja proyek perbaikkan Jembatan Endikat yang mulai bekerja. Hal ini membuat akses jalan ini ditutup total. 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Perbaikkan Jembatan Endikat yang merupakan akses penghubung Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat sudah mulai dilakukan pada 1 Juli lalu.

Perbaikkan ini membuat jalur penghubung dua daerah ini terpaksa dialihkan melalui jalur Gumay Ulu dan Empat Lawang.

Imbas dari penutupan total jalur Endikat ini mulai dirasakan oleh masyarakat Pagaralam. Terutama masyarakat yang akan menggunakan tranfortasi umum seperti bus menuju ke pulau jawa.

Pasalnya Bus ukuran besar tersebut tidak bisa melalui jalur Gumay Ulu dan harus lewat Kabupaten Empat Lawang.

Informasi yang dihimpun sripoku.com, Selasa (3/7/2018) menyebutkan, beberapa angkutan umum Atar Kota Antar Provinsi (AKAP) terpaksa harus lewat jalur Kabupaten Empat Lawang.

Akibatnya waktu yang ditempuh menjadi cukup lama.

Imron (70) salah satu penumpang Bus AKAP yang akan berangkat ke Subang Jawa Barat mengatakan, pihaknya terpaksa harus lewat Empat Lawang untuk bisa sampai ke Kabupaten Lahat.

"Dari Kota Pagaralam sampai ke Lahat kami menumpuh waktu perjalanan sekitar 6 jam perjalanan."

"Padahal biasanya hanya 2 jam saja. Hal ini disebabkan bus kami harus mutar ke Empat Lawang lewat Tebing," ujarnya.

Lain halnya dengan Mike (39) penumpang lainnya, selain harus menempuh waktu cukup lama, ongkos juga mengalami kenaikkan. Pasalnya jalur yang dilewati harus mutar.

"Ongkos naik pak, ya kita juga sudah diberi penjelasan oleh pihak Loket tadi. Kenaikkan ini karena bus harus mutar lewat Empat Lawang dahulu. Namun ini masih perjalanan uji coba," katanya.

Salah satu pengelolah loket AKAP di Kota Pagaralam yang enggan disebutkan namanya mengatakan, saat ini keberangkatan ke pulau jawa masih lewat kabupaten Empat Lawang.

Namun hal ini masih tahap uji coba.

"Ini masih ujicoba, jika layak akan diteruskan, namun jika tidak maka pihaknya akan lewat jalur Gumay namun menggunakan Bus kecil untuk mengangkut penumpang sampai ke Loket di Lahat," jelasnya.(one)

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help