Berita Muratara

Sumur Sering Berbau Karat Disertai Minyak, Warga Muratara Dukung Pemasangan Pipa Air PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kecamatan Rupit sudah lama tidak berfungsi karena terdapat berbagai kendala dalam penyaluran air.

Sumur Sering Berbau Karat Disertai Minyak, Warga Muratara Dukung Pemasangan Pipa Air PDAM
Tribun Jabar/Tiah SM
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kecamatan Rupit sudah lama tidak berfungsi karena terdapat berbagai kendala dalam penyaluran air.

Tentu tidak lama lagi PDAM tersebut akan berfungsi sebagai penyalur air bersih untuk masyarakat di Desa Lawang Agung dan Kelurahan Muara Rupit karena Pemerintak Kabupaten (Pemkab) Muratara telah melakukan pemasangan pipa pemyaluran air.

Selama ini, aliran air dari PADM ini sudah lama ditunggu-ditunggu oleh masyarakat agar bisa mendapatkan air bersih, karena khususnya untuk Desa Lawang Agung masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Menurut Sunarto (42) warga desa Lawang Agung jika benar PDAM ini akan berfungsi setelah oemasangan pipa teraebut tentu masyarakat sangat terbantu dalam mendapatkan sumber air bersih.

"Selama ini kita selalu kesulitan mendapatkan air bersih bahkan mengambil dari desa tetangga serta menggali sumur sendiri, artinya jika pipa penyaluran air ke warga sudah terpasang kita semua terbantu," kata Sunarto.

Biasanya, lanjut Sunarto warga mengkonsumsi air sumur tapi tidak bisa langsung digunakan dan harus disaring dulu karena masih berwarna kekuning kuningan bahkan kadang air sumur sering berbau karat.

"Air sumur yang sering digunakan warga bukan hanya berbau karat kadang disertai seperti minyak minyak, sehingga warga mengambil air disungai kecil didaerah desa tetangga," ungkapnya.

Sama dikatakan, Amir (56) warga setempat bahwa tentunya warga sangat berharap banyak kepada pemerintah perbaikan PDAM tersebut supaya masyarakat tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih.

"Kita juga mengharapkan setelah perbaikan PDAM dan pemasangan pipa penyaluran ke rumah rumah warga selesai, harus ada yang mengurus PDAM jangan sampai terlantar sehingga ditumbuhi semak semak," ungkapnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help