Berita Baturaja

Panwaslu OKU Pastikan 24 Juni Semua Alat Peraga Kampanye Sudah Dicopot!

Panwaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengelar Rapat Kerja (Raker) Penertiban dan Pelepasan Alat Peraga K

Panwaslu OKU Pastikan 24 Juni Semua Alat Peraga Kampanye Sudah Dicopot!
TRIBUNSUMSEL.COM/RETNO WIRAWIJAYA

TRIBUNSUMSEL.COM -- Panwaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengelar Rapat Kerja (Raker) Penertiban dan Pelepasan Alat Peraga Kampanye (APK) dalam Pelaksanaan Tahapan Masa Tenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel tahun 2018. Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Sherin'S Baturaja, Jumat (22/6).

Ketua sekaligus Kordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu OKU, Anggi Yumarta mengatakan, pada kesempatan itu, mengaku galau. Di Kab OKU ini ikut Pilkada atau Tidak.
Hal ini dinilai eskalasi Pilkada 2013 sangat berbanding jauh dengan sekarang ini.

"Kami dapat surat dari provinsi agar melakukan penertiban APK. Kami agak bingung jawab surat, sebab di OKU ini APK yang ada difasilitasi KPU, banyak yang tidak dipasang oleh tim pemenangan," katanya.

Selain itu Anggi juga sedikit menyindir keberadaan trantib, dan mengingatkan terkait penertiban APK ini. Penertiban sesuai aturan dilakukan oleh Pihak Pol PP dan Trantib. Namun trantib seakan lepas tangan.

"Bahkan pernah ada yang menolak dengan alasan bukan tugas mereka dan meminta agar Panwas melakukan penertipan dan pelepasan sendiri. Aturan sudah jelas, penertiban pelepasan atau pencopotan APK dilakukan  oleh trantib. Panwaslu sifatnya membantu," jelasnya.

Anggi menjelaskan, masa tenang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel mulai tanggal 24 Juni. Artinya semua APK harus dilepas tidak terkecuali di posko.
"Pada 24 Juni harus sudah di bongkar. Kalu tidak dibongkar kita bersama Pol PP akan melakukan pembongkaran," jelasnya.

Anggi menjelaskan, jangan sampai melakukan kampanye dimasa tenang. Apalagi sampai melakukan tindakan kampanye atau kecurangan terstruktur dan masip. Jika melakukan hal ini kata Anggi sanksinya jelas. Bahkan bisa dilakukan pembatalan bagi pasangan calon. Hal ini sesuai dengan UU No 10 Tahin 2016.

Sekretaris Panwaslu OKU sekaligus Ketua Panitia Joienaidi mengatakan, tujuan raker ini mempersamakan presepsi dalam hal pelepasan Alat Peraga Kampanye (APK).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua sekaligus Kordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu OKU, Anggi Yumarta didampingi Kordiv SDM dan Organisasi, Dewantara Jaya dan Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Yeyen AndrizalKapten Inf Arif (Pasiops Kodim 0403 OKU mewakili Dandim OKU), Kabag Ops Polres OKU, Kompol Yuskar, perwakilan seluruh dari dua tim Paslon, PPK, Panwascam, Pol PP, dan Seluruh Kapolsek se Kab OKU

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved