Berita Baturaja

Dishub OKU Lakukan Pendataan Bantuan Penerangan Tenaga Listrik Tenaga Surya

Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi salah satu daerah yang dibantu listrik tenaga surya untuk rumah tangga dari pemerintah pusat.

Dishub OKU Lakukan Pendataan Bantuan Penerangan Tenaga Listrik Tenaga Surya
tribunsumsel.com/Weni Wahyuny
Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama rombongan meninjau lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS di Jakabaring dengan kapasitas 1.6 mega watt atau 1,6 MW adalah salah satu jawaban dari pihak penyelenggara Asian Games, Rabu (9/8/2017). 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi salah satu daerah yang dibantu listrik tenaga surya untuk rumah tangga dari pemerintah pusat.

Karena itu, Dinas Perhubungan OKU sudah melakukan pendataan dan minta usulan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten OKU.

Kadishub OKU Aminilson mengatakan, ada sebanyak sekitar 700 usulan yang sudah masuk dari bawah baik RT dan kelurahan melalui kecamatan.

“Usulan ini sudah disampaikan kepada kemenko PMK,” kata Aminilson kepada wartawan belum lama ini.

Usulan ini seperti dari Kecamatan Ulu Ogan, Muarajaya, Lengkiti, Baturaja Timur. Yang bisa mengusulkan tentu keluarga yang daerahnya belum ada jaringan listrik, seperti daerah talang. Karena menggunakan sistim solar home system. Launching program ini, kata dia, pada Juli 2018 di daerah Lampung.

Sebelumnya Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis menyebut, bantuan listrik tenaga surya ini diberikan secara gratis dari program pusat yakni desa terang. “Ada sebanyak 500 titik yang akan dapat bantuan tersebut,” sebut Kuryana.

Disebutnya, listrik yang akan digunakan tersebut bukan merupakan jaringan listrik PLN. Melainkan aliran listrik menggunakan tenaga surya. Jadi diharapkan benar-benar bisa membantu masyarakat dan bisa sesuai dengan sasaran.

Jangan sampai, kata dia, tenaga listrik energi surya ini malah dinikmati oleh oknum-oknum tertentu yang tidak layak menerima bantuan. "Diingatkan jangan sampai diberikan atau dipasangkan di aset pejabat,” katanya. Listrik tenaga surya ini, sebutnya, bisa dipasang di desa-desa atau talang yang belum dialiri listrik.(rws)

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved