Berita Musi Banyuasin

Kerap Melakukan Aksi Pungli di Jalintim, 2 Preman Terjaring di Muba

Komitmen tegas aparat kepolisian dari Polres Musi Banyuasin (Muba) dalam memberantas praktek pungli, benar-benar dilakukan dengan tegas

Kerap Melakukan Aksi Pungli di Jalintim, 2 Preman Terjaring di Muba
TRIBUN JABAR/IDA ROMLAH
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU — Komitmen tegas aparat kepolisian dari Polres Musi Banyuasin (Muba) dalam memberantas praktek pungli, benar-benar dilakukan dengan tegas hal ini merupakan instruksi langsung Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM.

Dari operasi yang dilakukan Satreskrim Polres Muba akhirnya berhasil mengamankan dua orang pelaku aksi premanisme dan pungli yakni MT Lubis (59) dan Alatas (33) yang diamankan di Jalintim Kecamatan Tungkal Jaya, Jumat (8/6) sekitat pukul 04.00 WIB.

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM, mengatakan penangkapan dua orang pelaku aksi pungli dan premanisme setelah pihaknya menerima sejumlah aduan.

Pihaknya langsung membentuk tim yang di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP Kemas M Syawaludin dan Kanit Pidim IPTU Dedi dalam melakukan penyelidikan terkait aksi pungli di Jalintim. 

 “Dari hasil penyelidika yang dilakukan kita berhasil mengamankan orang pelaku yang diduga melakukan premanisme dan pungli terhadap para supir angkutan barang antar provinsi di Jaintim. Kedua pelaku yakni MT Lubis (59) Desa Tampang Baru Kecamatan Bayung Lencir, Muba dan Alatas (33) waraha Desa Sinar Tungkal Jaya Kecamaya tungkal Jaya, Muba,” kata Andes, Minggu (10/6).

Lanjutnya, diamankannya kedua pelaku premanisme dan pungli setelah Rahmat (40) Warga Jalan Diponogoro No. 54 Kelurhan Sumur Batu, Provinsi Lampung mengadukan aksi pungli yag dilakukan kedua pelaku. 

“Pihak kita langsung mengamankan keduanya dari tangan mereka berhasil diamankan uang sejumlah Rp 260 ribu, satu buah buku catatan nomor BG mobil kendaraan yg sudah lewat, tia buah cetakan merk APPK, 2 buah Handphne dan 1 bilah parang panjang,”ungkapnya, seraya menambahkan untuk pemeriksaan lebih lanjut pelaku telah diamankan di Mapolres Muba dengan no LP/A - 110 / VI /2018 /SUMSEL/RESMUBA. Kedunya dikenakan pasal 368 ayat ( 1 ) KUHPidana denhan ancaman hukuman pidana 9 tahun penjara.

Agar kejadian serupa tidak terulang kembali pihaknya melakukan upaya preventif yakni patroli dan berkomunikasi dengN para sopir angkutan barang di Jalinteng. 

“Saya sudah melakukan komunikasi dengan sopir truck mereka mengungkapkan masih sering terjadinya aksi pungli."

"Agar aksi tersebut tidak terulang kembali pihaknya mengimbau dan melaporkan kejadian yang ada di call center 110 dan sms pengaduan online Polres Muba nomor +62 822-5620-7272 akan kami tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,”jelasnya. (cr13)

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help