Berita Palembang

KPU Sumsel H-5 Distribusi Surat Suara Prioritaskan Daerah Perairan

-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel memastikan, surat suara dan logistik keperluan Tempat Pemungutan Suara (TPS), akan didistribusikan

KPU Sumsel H-5 Distribusi Surat Suara Prioritaskan Daerah Perairan
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel memastikan, surat suara dan logistik keperluan Tempat Pemungutan Suara (TPS), akan didistribusikan pada H-5 dilaksanakannya pencoblosan Pilkada serentak 27 Juni mendatang.

Hal ini diungkapkan ketua KPU Sumsel Aspahani, terkait proses penyotiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018.

"Distribusi kita akan lakukan pada H-5 nantinya, dimana difokuskan pada daerah jauh dulu," kata Aspahani, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya beberapa daerah terjauh itu, karena sulit dijangkau khususnya di Kabupaten Banyuasin, Muba, dan OKI, yang pemilih atau TPSnya berada di daerah perairan.

"Kalau yang lain saya rasa tidak masalah, mengingat saat ini logistik termasuk surat suara sudah di KPU Kabupaten/ kota. Tinggal nanti digeser saja saat mendekati pencoblosan ke Desa atau Kelurahan," capnya.

Ditambahkan Aspahani, meski dari laporan sementara dibeberapa daerah KPU setempat melaporkan surat suara Pilgub rusak, namun pihaknya masih menginvetaris jumlah pastinya sebelum dilakukan penggantian oleh pihak percetakan di Bekasi.

"Kalau ada yang kurang, kemungkinan ada, karena laporan awal di Muratara ada 200an suray suara rusak. Tapi kita masih menunggu jumlah laporan pastinya, termasuk di daerah lainnya, kemungkinan besok atau lusa sudah ada laporan," capnya.

Aspahani menerangkan, suray suara rusak yang terkumpul nanti akan kembali diserahkan kepercetakan untuk diganti, dan yang rusak itu akan dimusnakan, agar tidak disalahgunakan.

"Jadi diganti dulu, baru dimusnakan di percetakan dengan dengan disaksikan KPU, Bawaslu dan kepolisian. Termasuk saat pengiriman surat yang diganti," ungkapnya.

Terpisah komisioner KPU Palembang Rudianto Panggaribuan memastikan, surat suara untuk Pemilihan Walikota (Pilwako) Palembanga, hari ini sudah selesai dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Palembang, plus 2,5 persen DPT dengang pembulatan keatas per TPS.

"Malam ini (kemarin, red) saya rasa sudah semua dicetak, dan setelah itu akan dikirim lewat darat dengan perkiraan makan waktu 2 hari (Besok). Nantinya jika tiba di KPU Palembang akan disortir dan dilipat, sebelum didistribusikan ke Kelurahan," pungkas Rudi saat dihubungi berada di Bekasi.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help