Berita Prabumulih

Rutan Prabumulih Usulkan 200 Warga Binaan Terima Remisi Lebaran

Remisi lebaran atau dikenal Remisi Khusus (RK) bagi warga binaan, setiap kali menjelang lebaran sangat ditunggu-tunggu.

Rutan Prabumulih Usulkan 200 Warga Binaan Terima Remisi Lebaran
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Remisi lebaran atau dikenal Remisi Khusus (RK) bagi warga binaan, setiap kali menjelang lebaran sangat ditunggu-tunggu. Lantaran, lewat remisi tersebut warga binaan mendapatkan pengurangan masa hukuman di rumah tahanan (rutan) dan lainnya.

Pada lebaran kali ini, pihak Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Prabumulih mengusulkan sekitar sebanyak 200 warga binaan kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai penerima remisi.

"Ada 200 warga binaan yang kita usulkan untuk mendapatkan RK I lebaran kali ini. Kalau untuk RK II atau bebas tidak ada warga binaan yang kita usulkan, kosong," ujar Kepala Rutan (Karutan), Ronaldo Davinci ketika diwawancarai wartawan melalui Whatsapp, Selasa (5/5/2018).

Pria yang akrab disapa Davin itu mengatakan, dari total 200 warga binaan yang diusulkan terdiri dari RK I atau umum sebanyak 185 orang dan sebanyak 15 orang yang terkait PP 99 atau terkait kasus narkoba. "Untuk yang berkaitan dengan narkoba atau warga binaan kasus narkoba sebanyak 15 orang diusulkan mendapat remisi," katanya.

Davin menuturkan, bagi warga yang menerima remisi lebaran dan akan disetujui nantinya akan mendapatkan pengurangan hukuman mulai dari 15-45 hari. "Remisi khusus 15 hari dapat sebanyak 77 orang, remisi khusus 1 bulan sebanyak 122 orang dan remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 1 orang," tuturnya.

Lebih lanjut Davin menjelaskan, warga binaan yang bisa diusulkan menerima remisi khusus hendaknya telah mempuyai kekuatan hukum tetap atau inkra setelah diputus di pengadilan, selain itu minimal sudah menjalani hukuman di rutan beberapa bulan dan tentunya wajib berkelakuan baik.

"Syarat utama harus berkelakuan baik, kalau tidak maka tidak bisa diusulkan menerima remisi lebaran dan remisi lainnya," jelasnya.

Disinggung kapan usulan remisi itu akan terrealisasi, pria yang asli Kabupaten Lubuk Linggau ini menambahkan belum bisa dipastikan namun jelasnya sebelum lebaran. "Nantinya usulan akan segera disetujui namun Kanwil Kemenkumham yang menentukan untuk selanjutnya setelah disetujui nantinya akan dibagikan saat lebaran," tambahnya seraya warga binaan bebas tidak ada lebaran tahun ini.

Penulis: Edison
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help