Berita Muratara

Jelang Lebaran, Disperindagkop Muratara Sidak Pasar, Ini yang Mereka Dapati

H-10 jelang lebaran Idul Fitri 1439 H, Dinas Perinduatrian, Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Muratara sudah

Jelang Lebaran, Disperindagkop Muratara Sidak Pasar, Ini yang Mereka Dapati
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Kepala Disperindagkop Muratara melakukan sidak pasar guna memantau harga barang maupun zat terlarang. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- H-10 jelang lebaran Idul Fitri 1439 H, Dinas Perinduatrian, Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Muratara sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar.

Sidak dilakukan bersama tim gabungan yakni Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Diaprindagkop, di pasar tradisional Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Senin (04/06/2018.

Rombongan tim memeriksa jualan yang berwarna warni mencolok karena dikhawatirkan terdapat zat zat berbahaya dan memeriksa daging yang dijual pedagang.

Kepala Diaprindagkop Muratara, Syamsu Anwar mengatakan pengawasan harga barang di pasar sudah menjadi rutinitasnya supaya pedagang tidak berbuat curang dalam berjualan.

"Ini sebuah rutinitas selalu ada pengawasan barang guna memantau pedagang-pedagang yang akan berlaku curang dan menekan harga pasar," kata Syamsu.

Berdasarkan pantauan, lanjutnya harga komoditas masih relatif stabil, kalau pun ada yang naik, harganya masih normal tak terlalu melonjak bahkan ada juga yang menurun.

Misalnya, harga cabai lebih murah dibandingkan tahun lalu, sedangkan daging sapi harganya relatif stabil.

Menurut H. Syamsu Anwar, tim pun melakukan pemantauan terhadap kualitas produk yakni, dengan memperhatikan cara penyimpanan produknya bahkan ikut mengkroscek waktu kadaluarsa produk yang dijual.

"Itu bagian dari pengawasan kualitas barang karena barang yang cepat busuk penyimpanan dan memiliki jangka waktu," katanya.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih cerdas dan kritis melihat kualitas produk yang dibelinya yakni, dengan memperhatikan ada zat-zat kimia tambahan atau tidak.

Ditambhaknya, sidak pasar ini bukan hanya di pasar tradisional Kecamatan Rupit melainkan juga dilakukan di pasar pasar lain.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help