Berita Muratara

PTPS di Muratara Dilantik Dapat Tugas Berat Sebagai Ujung Tombak Pengawasan Pilkada

Usai dilantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) tingkat desa se Kecamatan Karang Jaya,

PTPS di Muratara Dilantik Dapat Tugas Berat Sebagai Ujung Tombak Pengawasan Pilkada
Tribunsumsel.com/Farlin Addian
PTPS di Muratara Dilantik Dapat Tugas Berat Sebagai Ujung Tombak Pengawasan Pilkada 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM MURATARA -- Usai dilantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) tingkat desa se Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengawasan, Minggu (03/06/2018).

Bimtek ini persiapan jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) serentak pada 27 Juni 2018.

Baca: Link Siaran Langsung Madura vs Bali United di O Channel Minggu (3/6/208) Pukul 20.30

Kegiatan pelantikan dan Bintek ini dihadiri langsung Ketua Panwaslucam Karang Jaya, Bunrino sekaligus melantik anggota PTPS dan dua anggota Panwaslucam, Budi Parwis dan Andri Adi, perwakilan Polsek Karang Jaya, Iptu Surhadi, anggota PPK Karang Jaya, Irfan Karwapi.

Ketua Panwaslucam Karang Jaya, Bunrino mengatakan memang sengaja usai pelantikan anggota PTPS mereka langsung diberikan pelatihan pengawasan.

Baca: Saksikan Pelantikan Pengurus, Gubernur Sumsel Alex Noerdin Support CISC

Tujuannya supaya anggota PTPS paham terhadap tugas dan fungsinya sebagai pengawasan di tingkat TPS dari sebelum dan saat pencoblosan

"PTPS ini merupakan ujung tombak dari pada pengawasan dilapangan karena mereka ditugaskan langsung saat pemungutan suara," kata Bunrino kepada Tribunsumsel.com.

Baca: Asosiasi Laundry Indonesia Bagikan 305 Paket Sembako Untuk Yatim dan Dhuafa

Diharapkan kepada anggota PTPS bisa menjalankan tugas dan fungsinya untuk menghindari terjadinya kecurangan pada saat pencoblosan maupun pendistribusian logistik.

Sementara, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Penwaslucam Karang Jaya, Budi Parwis juga mempertegaskan PTPS ini bukan hanya bertugas pada saat pencoblosan.

Baca: Tulis Kata Ini di Unggahan Foto Terbarnya, Adipati Dolken Coba Sindir Siapa? Sebut Orang Bodoh!

Melainkan lanjut Budi anggota PTPS juga bertanggung jawab mengawasi pendistribusian logistik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

"Selain itu, jika ada temuan kecurangan seperti money politik bisa dilaporkan ke Panwaslucam dengan diperkuat alat bukti yang cukup," katanya.

Baca: Pukuli Terduga Maling Motor, 2 Pria di Palembang Diamankan Polisi

Penulis: Farlin Addian
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help