Berita Palembang

Jelang Mudik Lebaran, Tinggal 168,5 Km Jalan Rusak, Siapkan 12 Rest Area Pemudik

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat memastikan kondisi jalan nasional dan

Jelang Mudik Lebaran, Tinggal 168,5 Km Jalan Rusak, Siapkan 12 Rest Area Pemudik
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat memastikan kondisi jalan nasional dan provinsi tidak ada masalah untuk dilalui pemudik Lebaran.

"Tidak ada masalah. Untuk jalan arus mudik Lebaran tahun ini hampir 90 persen persiapannya sudah siap," ujar Ucok dalam rapat Koordinasi Pemantauan Kesiapan Infrastruktur Jalan dan Jembatan untuk Jalur Lebaran 2018 di Ruang Rapat Sekertaris Daerah, Kamis (31/5).

Kepala Bidang (Kabid) Jalan PUBM Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Muchtar menambahkan, dari sepanjang 1513,64 kilometer status jalan milik provinsi yang dalam kondisi rusak tinggal 168,5 kilometer.

Ia menjelaskan, ratusan kilometer total panjang jalan milik provins itu dinyatakan rusak yang terbagi dalam tiga kategori yaitu rusak ringan, sedang dan berat.

Berdasarkan data kondisi jalan per UPTD Provinsi Sumsel tahun 2018, kodisi jalan yang dinyatakan rusak ringan sepanjang 166,3 kilometer, lalu sepanjang 333,96 kilometer rusak sedang dan 168,5 kilometer dinyatakan rusak berat.

Kondisi tersebut tersebar di beberapa daerah, seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Lahat, Musi Rawas (Mura), Musi Banyuasin (Muba) dan Palembang dan lainnya.

Sementara Kepala Dishub Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan, untuk membuat pemudik yang menggunakan jalur darat lebih nyaman dalam melakukan mudik Lebaran tahun ini, pihaknya sudah mempersiapkan rest area untuk tempat istarahat bagi pemudik.

"Total ada 12 rest area seperti di Jembatan Timbang, Pematang, Senawar, Merapi, Nibung dan di tujuh terminal tipe B," ujar Nelson saat ditemui usai Rapat.

Terminal yang dijadikan tempat istirahat pemudik ini yaitu Terminal Jakabaring Palembang, Terminal Simpang Perintis di Kota Lubuk Linggau, Terminal KM 32 di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Terminal Kota Baru arah Lampung di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Terminal Lubuk Harjo di OKU Timur, Terminal Muaradua di Kabupaten OKU Selatan dan terakhir Terminal Randik yang terletak di kawasan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved