ASIAN GAMES 2018

Imam Nahrawi Targetkan Kontingen Indonesia Tembus 10 Besar Asian Games

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, mengaku kagum dengan persiapan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Imam Nahrawi Targetkan Kontingen Indonesia Tembus 10 Besar Asian Games
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG DWIPAYANA
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, saat bertandang ke Graha Tribun, Rabu (30/5/2018) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, mengaku kagum dengan persiapan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Saat mengunjungi Jakabaring Sport City (JSC), Imam meninjau beberapa venue pertandingan cabang olahraga (cabor) Asian Games, di antaranya venue panjat tebing, venue menembak dan venue boling.

Imam juga menyempatkan diri melihat rumah ibadah enam agama yang juga berada di kompleks JSC.

“Benar-benar luar biasa. Saya kira secara persiapan, Palembang lebih siap dibanding Jakarta. Benar apa yang dikatakan Pak Gubernur (Sumsel, Alex Noerdin),” kata Imam saat bertandang ke Graha Tribun, Rabu (30/5/2018).

Dengan kesiapan dua kota penyelenggara Asian, Jakarta dan Palembang, hal ini juga diharapkan dapat menular pada prestasi para atlet yang bertanding pada Asian Games yang berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

"Mudah-mudahan venue-nya bagus, atlet kita juga dapat mengeluarkan kemampuan terbaik. Doakan saja," kata Imam.

Berbicara di hadapan Kepala Newsroom Graha Tribun, Hadi Prayogo dan Pemimpin Redaksi Tribun Sumsel, Weny Ramdiastuti, menurut Imam, pemerintah menargetkan kontingen Indonesia mencapai 10 besar dalam perolehan medali di event olahraga terbesar di Asia tersebut. 

“Kita targetnya maksimal di peringkat 10,” kata Imam.

Sebanyak 16 cabor prioritas menjadi andalan kontingen Indonesia dalam mendulang medali. Ke-16 cabor tersebut yakni angkat besi, atletik, balap sepeda, bola boling, bulutangkis, dayung, judo, karate, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, tinju, voli pantai, dan wushu.
Beban target tersebut, kata Imam, bukan tanpa alasan. Beberapa faktor dijadikan alasan penentuan target klasemen perolehan medali Asian Games. Ini juga melihat faktor kekuatan olahraga negara-negara tradisional di Asia, seperti Jepang, Korea dan China.

 “Kita menetukan target di Asian Games berdasarkan hasil dari turnamen sebelumnya, baik SEA Games 2017, Asian Games Incheon (Korea Selatan) tahun 2014, maupun Olimpiade Rio (Brasil) tahun 2016,” jelas Imam.

“Yang kedua berdasarkan try out beberapa waktu lalu, di mana atlet kita tidak hanya berprestasi di kancah Asia, namun juga di dunia. Yang ketiga berdasrakan peta kekuatan negara apa, nomor olahraga mana yang diturunkan,” jelasnya lagi.

Dengan melihat sejumlah faktor itulah, menurut Imam, target 10 besar di Asian Games cukup realistris bagi kontingen Indonesia.

“Target 10 besar itu adalah target maksimal yang dibebankan kepada para atlet dan seluruh pimpinna cabang olahraga,” tegas Imam.

Pemerintah melalui Kemenpora pun telah mengalokasikan dana untuk menunjang prestasi atlet Indonesia yang bertanding di Asian Games.

“Saya yakin atlet kita pasti bisa kok. Apalagi venue olahraganya berstandar internasional kan,” tutupnya.

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help