BPJS Kesehatan Cabang Palembang Terus Kejar Target Kepesertaan

Target nasional capaian kepesertaan BPJS Kesehatan hingga 95 persen semua masyarakat Indonesia harus tercover terus digenjot oleh BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Cabang Palembang Terus Kejar Target Kepesertaan
TRIBUNSUMSEL.COM/SRI HIDAYATUN

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Target nasional capaian kepesertaan BPJS Kesehatan hingga 95 persen semua masyarakat Indonesia harus tercover terus digenjot oleh BPJS Kesehatan.

Begitu pula dengan BPJS Kesehatan cabang Palembang yang terus mengenjot target kepersertaannya.

Plh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Palembang, dr Andi Ashar,AAK mengatakan berdasarkan data per April 2018 data kepesertaan BPJS cabang Palembang mencapai 64,1 persen.

"Capaian kita baru capai 64 persen tapi kita optimis tahun 2019 yang sudah ada depan mata insya allah kita akan tercapau," ujarnya, Senin (28/5/2018) disela acara konferensi pers di kantor BPJS Cabang Palembang.

Berbagai upaya dilakukan oleh BPJS Kesehatan cabang Palembang diantaranya terus mempermudah pendaftaran BPJS Kesehatan dengan berbagai kerjasama dengan instansi.

Seperti membuka di pusat perbelanjaan, kantor kecamatan dan juga pendaftaran via online juga dilakukan guna menggaet kepersertaan dengan mudah dan cepat.

"Untuk menyasar kepesertaan mandiri kita membuka di mall, ke beberapa kecamatan yang sudah kita kerjasama. Sehingga peserta tak perlu repot lagi untuk datang ke kantor BPJS," jelas dia.

Sedangkan untuk menyasar peserta perusahaan pihak BPJS juga melakukan kerjasama dengan berbagai dinas terkait seperti dinas ketenagakerjaan dan menggaet instansi lainnya.

Andi mengatakan mengenai masalah tunggakan memang diakuinya masih banyak. Bahkan masih banyak peserta yang belum sadar untuk membayar iruan setiap bulannya.

"Kita akui pendapatan kita tak sesuai dengan pembayarab atau klaim yang harus kita bayar. Tapi sejauh ini masig terbantu dengan mendapatkan subsidi dari daerah timur," jelas dia.

Untuk faskes kesehatan tingkat 1 ada sebanyak 401 dan 36 rumah sakit yang bekerjasama di Sumsel. Untuk di Palembang sudah ada 27 rumah sakit yang bekerjasama.

"Untuk rumah sakit kita sudah banyak lakukan kerjasama, sehingga ini dapat memudahkan bagi kepesertaan untuk mendapatkan layanan yang maksimal," ungkap dia.

Mengenai jelang arus mudik lebaran, akan dibuka beberapa titik tertentu untuk melayani kepesertaan BPJS Kesehatan.

"Kita belum tahu berapa titik karena itu pusat menentukan. Kalau untuk layanan kami masih membuka petugas piket stand by di kantor dan sejumlah titik untuk melayani peserta selama arus mudik," ungkap dia.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help