KPPN Jamin THR ASN Bisa Cair 1 Jam Asal Berkas Lengkap dan Benar

Dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang APBN Tahun 2017 mengenai pemberian Tunjangan Hari Raya

KPPN Jamin THR ASN Bisa Cair 1 Jam Asal Berkas Lengkap dan Benar
IST
THR 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang APBN Tahun 2017 mengenai pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 Tahun 2018, Pemerintah telah menerbitkan peraturan pelaksanaan terkait hal tersebut.

Peraturan tersebut terdiri atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18, 19, 20 dan Tahun 2018 serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 52/PMK.05/2018, 53/PMK.05/2018, 54/PMK.05/2018 dan 55/PMK.05/2018.

Baca: Jalan Pulau Rimau Banyuasin Rusak, Imbasnya Harga Sawit Petani Turun Drastis

Beberapa hal yang diatur dalam PP dan PMK diatas adalah THR dan Gaji Ke-13 diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia,

Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun atau Tunjangan, Pimpinan dan Pegawai Non pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Nonstruktural.

Baca: Maia Estianty Kian Berani Pamerkan Hubungan dengan Irwan Musrry,Dul Jaelani Beri Komentar Begini

Kepala Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Sudarso mengatakan, THR yang diberikan kepada PNS, Prajurit TNI,

Anggota POLRI dan Pejabat Negara sebesar penghasilan bulan Mei 2018 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum dan tunjangan kinerja serta dibayarkan pada bulan Juni 2018.

Baca: Jennifer Dunn Dikabarkan Hamil Usai Dituntut 8 Bulan Penjara? Teman Satu Sel Ungkap Fakta Ini

"Gaji Ke-13 yang diberikan kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI dan Pejabat Negara sebesar penghasilan bulan Juni 2018 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum dan tunjangan kinerja serta dibayarkan pada bulan Juli 2018," ujarnya, Jumat (25/5/2018)

Lingkup Pengaturan PP dan PMK ini meliputi mekanisme pemberian THR dan Gaji Ke-13 pada PNS Pusat dan PNS Daerah.

Pembayaran THR dan Gaji Ke-13 yang dananya bersumber dari APBN di Sumatera Selatan akan disalurkan melalui lima Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yaitu dengan perkiraan
dana sebagai sebagai berikut:

Baca: Ternyata Ini Penyebab Jalan Kapten A Rivai & Kol H Burlian Sering Terkena Banjir Saat Hujan Deras

THR Bisa Cair 1 Jam Asal Berkas Lengkap dan Benar
THR Bisa Cair 1 Jam Asal Berkas Lengkap dan Benar (ist)

Jumlah dan besaran pencairan Gaji Ke-13 yang akan dicairkan pada bulan Juli kurang lebih sama dengan perkiraan pencairan THR.

Pencairan THR di KPPN dapat dilakukan mulai tanggal 24 Mei 2018 dan diharapkan semua THR dapat dibayarkan sebelum libur hari raya.

Baca: Hindari Goyang Drible dan Baju Seksi di Bulan Puasa, Duo Serigala Beberkan Alasan Mengejutkan

KPPN menjamin proses pencairan THR dapat dilakukan dalam satu jam jika semua berkas permintaan pembayaran yang diajukan oleh Satuan Kerja telah benar dan lengkap.

Untuk itu, kecepatan dan ketepatan penyampaian permintaan pembayaran dari Satuan Kerja sangat mempengaruhi kecepatan dan ketepatan pencairan THR di KPPN.

Hal yang sama berlaku juga pada proses pencairan Gaji Ke-13 yang akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2018.

Baca: Gubernur Sumsel Alex Noerdin Buka Bersama Jajaran Direksi, PTSB Siap Sukseskan Asian Games

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help