Berita Muratara

Panwas Muratara Gelar Sosialisasi, Libatkan Masyarakat Lakukan Pengawasan

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muratara menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur

Panwas Muratara Gelar Sosialisasi, Libatkan Masyarakat Lakukan Pengawasan
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Panwaslu Muratara berikan sosialisasi kepada pemilih pemula yang tergabung dari golongan pelajar yang ada di Kabupaten Muratara. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muratara menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2018.

Kegiatan berlangsung Rabu (23/5/2018) di Aula Siti Rahma Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Dengan dihadiri Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Muratara Ali Asek dan Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran (HPP) Panwaslu Muratara Munawir, Kepala Kesbangpol Muratara Hj Herawati.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Muratara Ali Asek mengatakan, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Provinsi Sumsel 2018.

"Dalam hal ini kita bertujuan melibatkan masyarakat untuk ikut dalam pengawasan menjelang Pilgub dan Wagub Sumsel," katanya.

Karena pihaknya selaku pengawasan tentu tidak mampu mengawasi seluruh tahapan dimana tingkat kabupaten hanya ada 3 anggota Panwaslu, tingkat kecamatan 3 orang Panwascam dan di desa hanya 1 orang PPL.

"Dengan jumlah yang terbatas itulah tidak mungkin mampu mengawasi seluruhnya, maka kami sosialisasikan supaya masyarakat ikut mengawasi, karena tanpa bantuan masyarakat juga kita tidak akan berjalan efektif," ungkapnya.

Kemudian, Ali berharap semua peserta sosialisasi dan seluruh komponen masyarakat bisa menjadi ujung tombak pengawasan untuk menyampaikan informasi ke pihaknya.

"Seluruh laporan masyarakat akan kita terima, mulai dari telpon, SMS dan mendatangi langsung sehingga dari laporan itu akan kita telusuri sebagai informasi awal," ungkapnya.

Sementara Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan melalui Panwaslukab, Panwascam dan PPL diharapkan dapat bekerjasama antara lembaga, pengawas dan masyarakat dalam pengawasan Pilkada Gubernur.

"Harapan saya supaya Pilkada Gubernur ini berjalan jujur dan adil serta tugas dan wewenang pengawasan terus berjalan," katanya.

Dalam hal ini, Syarif memiminta masyarakat ikut aktif dan bersinergi dengan Panwaslu dalam bidang pengawasan jika terdapat pelanggaran pelanggaran.

Selan itu, untuk Panwas sendiri harus memanfaatkan seluruh peralatan teknologi dan SDM yang ada untuk mempermudah pengawasan.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help