Berita Muratara

Panwaslu Muratara Rekrut Petugas Pengawas TPS, Ini Jumlah yang Dibutuhkan

Jelang persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2018, Panwaslu Kabupaten Muratara segera merekrut Pengawas

Panwaslu Muratara Rekrut Petugas Pengawas TPS, Ini Jumlah yang Dibutuhkan
tribunsumsel.com/Farlin Addian
Ketua Panwaslu Muratara, Ardiyanto 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Jelang persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2018, Panwaslu Kabupaten Muratara segera merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panwaslu Kabupaten Muratara, Ardiyanto mengatakan persiapan Pilgub dan Wagub Sumsel sejak Senin 21 Mei hingga Jumat 25 Mei 2018 membuka pendaftaran untuk Pengawas TPS.

"Untuk wilayah Kabupaten Muratara dibutuhkan 398 Pengawas TPS yang akan ditugaskan satu orang satu TPS pada saat pemungutan dan perhitungan suara," kata Ardiyanto.

Sedangkan pendaftaran sendiri dilakukan di Sekretariat Panwaslu kecamatan masing masing se Kabupaten Muratara.

Dijelaskannya, tugas dan fungsi Pengawas TPS sendiri memastikan pada saat pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan baik sesuau pedoman dan peraturan yang ada.

"Perlu kita jelaskan juga bahwa tugas Pengawas TPS ini bukan hanya bekerja di hari pemilihan saja, melainkan mulai dari pengawasan pendistribusian logistik," tuturnya.

Jadi Pengawas TPS juga bertanggungjawab untuk memastikan logistik Pilkada Sumsel benar-benar sampai ke TPS tepat waktu.

Selanjutnya memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan baik dan sesuai aturan berlaku.

Sementara, Ali Asek Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaskab Muratara membenarkan adanya perekrutan Pengawas TPS dan ini akan dilakukan Panwascam pada masing masing kecamatan.

"Untuk persyaratan sendiri sama seperti perekrutan Panwascam pendaftar harus netral, non partai politik, berintegritas dan yang berpengalaman," katanya.

Seleksi ini tidak asal pilih saja karena pendaftar yang mengikuti seleksi harus melalui tes wawancara disekretariat Panwascam masing masing kecamatan.

"Jumlah yang akan direkrut sesuai dengan jumlah TPS yakni sebanyak 398 orang," katanya.

Dijelaskannya, bahwa tugas pokok Pengawas TPS hanya satu hari saat pemungutan dan perhitungan suara sama dengan panitia KPPS.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help