Home »

Sumsel

» Lahat

Berita Lahat

Pelunasan CJH Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Lahat Tahap II Dibuka dari 16-25 Mei

Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I sudah ditutup. Sebanyak 149 calon jemaah haji

Pelunasan CJH Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Lahat Tahap II Dibuka dari 16-25 Mei
net
ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I sudah ditutup.

Sebanyak 149 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Lahat sudah melunasi biaya haji.

Kini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lahat telah membuka pelunasan BPIH Tahap II dari 16 Mei hingga 25 Mei 2018 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Dja'far MM melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs H M Gandil Sakni MM mengatakan,

untuk pelunasan BPIH tahap II di Kabupaten Lahat yang sudah dibuka dari tanggal 16 Mei dan berakhir sampai 25 Mei 2018 untuk Lahat sendiri sudah ada sebanyak 26 CJH yang akan melunasi BPIH tahap II.

"Untuk pelunasan BPIH tahap I yang terdiri sebanyak 149 CJH semuanya sudah melunasi, dan sekarang giliran 26 CJH yang masuk pelunaan tahap II yang akan melunasi BPIH,"ujarnya.

Ditegaskan Gandil Sakni, sejumlah kriteria yang akan melunasi BPIH Tahap II yaitu untuk usulan mahram, lansia dan pendamping, gagal melunasi karena sistem,

adanya hambatan komunikasi dan geografis pada daerahnya. Termasuk tidak terdata di siskohatkes, dan lain-lainnya.

"Seperti yang kita sampaikan kepada masyarakat bahwa beberapa kriteria dalam pelunasan tahap II ini diantaranya,

ada CJH yang mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap kesatu, lalu berstatus pernah berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah,

pengajuan penggabungan suami istri atau anak kandung/orang tua terpisah yang salah satunya telah melunasi di tahap 1, dan terakhir pengajuan lanjut usia (lansia),"imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk pelunasan BPIH jemaah haji harus melakukan pengecekan kesehatan atau Istithoah sebagai syarat pelunasan BPIH yang nantinya hasil kesehatan ini akan diinput oleh bagian kesehatan ke dalam aplikasi Siskohatkes.

“Sebelum melakukan pelunasan, jemaah haji diwajibkan melakukan pemeriksanaan kesehatan di puskesmas yang ditunjuk Tim Kesehatan untuk menentukan status istithaah kesehatan haji,”ujarnya. (SRIPOKU.COM/Ehdi Amin)

Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help