Berita Muaraenim

Jelang Ramadan, Harga Daging dan Telur Melonjak Tinggi di Muaraenim

Menjelang Ramadhan harga daging dan telur melonjak tinggi, untuk daging ayam tembus Rp 40 ribu perkilo,Daging Sapi Rp 140 ribu perkilo dan telur

Jelang Ramadan, Harga Daging dan Telur Melonjak Tinggi di Muaraenim
TRIBUNSUMSEL.COM/IKA ANGGRAENI
Salah satu pedagang ayam di pasar Muaraenim 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com,Ika Anggraeni

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM - Menjelang Ramadhan harga daging dan telur melonjak tinggi, untuk daging ayam tembus Rp 40 ribu perkilo, daging sapi Rp 140 ribu perkilo dan telur tembus di harga Rp 26 ribu perkilo.

Hal ini terungkap dalam sidak yang dilakukan oleh Tim Satgas Pangan Kabupaten Muaraenim,Selasa,(15/5).

Tim satgas tersebut diantaranya Anggota Polres Muaraenim,Disperindag,Dinas Ketahanan Pangan, Dinas tanaman pangan holtikultura dan peternakan, Dinas Kesehatan, Kesbangpol,Dinas perikanan, Sat Pol PP, Dishub dan Bidang Perekonomian Pemkab Muara Enim.

Sidak pasar yang dilakukan oleh Tim Satgas ini dimulai dari pegecekan harga dan ketersedian bahan pokok ini dilakukan secara acak di beberapa mini market dan beberapa toko besar di kota Muaraenim.

Kemudian dilanjutkan menuju pasar daging di pasar Muara Enim.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Sumber Daya Mineral, Syarpuddin mengatakan bahwa sidak tersebut bertujuan untuk melakukan pemantauan harga menjelang bulan suci ramadhan 1439 H.

"Untuk monitoring ketersediaan BBM dan Elpiji serta memantau harga barang dan ketersediaan barang di pasar Muaraenim," jelasnya.

Dikatakannya untuk ketersediaan BBM pihaknya telah melakukan pengecekan di tiga SPBU yakni SPBU desa Kepur,Talang Jawa dan Desa Lingga kecamatan Lawang Kidul.

"Untuk ketersediaan BBM dan gas Elpiji Wilayah Kabupaten Muara Enim sampai saat ini masih tercukupi dan belum di temukan adanya kelangkaan," katanya.

Namun lanjutnya untuk beberapa bahan pokok memang ada yang mengalami kenaikan tinggi pasca menyambut bulan Ramadhan 1439 H / tahun 2018.

"Diantaranya harga daging sapi, daging ayam dan telur sedangkan bahan pokok lainnya relatif stabil, kenaikan Daging sapi, daging ayam dan telur ini telah terjadi sejak tanggal 14 mei 2018 kemarin dimana harga Daging Sapi yang berkisar diharga Rp 120 ribu perkilo naik menjadi Rp 140 ribu, harga Daging Ayam yang sebelumnya Rp 37- Rp 38 ribu naik menjadi Rp 40 ribu perkilo, sementara harga telur yang sebelumnya Rp 25 ribu naik menjadi Rp 26 ribu," jelasnya.

Pantauan dilapangan untuk harga beberapa bahan pokok lainnya diantaranya untuk harga beras belitang  Rp. 10.000/kg, Beras semendo Rp 11.500,-/kg,  Beras premium Rp. 12.000,-/kg, Gula pasir Bermerk (psm) Rp.12.000,-/kg, Tanpa merk  Rp. 12.000,-/kg, Minyak goreng Kemasan merk fortune Rp. 12.000,-/liter, minyak goreng tanpa merk Rp. 12.000,-/kg, Cabe Rawit Rp.45 000,-/kg, Cabe merah Keriting Rp 50.000,-/kg, Bawang merah Rp. 34.000,-/kg dan Bawang putih Rp. 30.000,-/kg

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help