Berita Muratara

Bupati Muratara Ikut Tanam Padi Sawah Seluas 225 Hektar

Padi sawah tadah hujan dan irigasi di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara memasuki

Bupati Muratara Ikut Tanam Padi Sawah Seluas 225 Hektar
TRIBUNSUMSEL.COM/ FARLIN ADDIAN
Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dan istri, Sekda Muratara, H Abdullah Makcik dan istri serta Kepala Dinas Pertanian, Ir Suhardiman yang ikut tanam padi sawah di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Padi sawah tadah hujan dan irigasi di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara memasuki musim tanam, Selasa (15/05/2018).

Pada musim tanam kali ini langsung dilakukan pertama kali oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dan istri, Sekda Muratara Abdullah Makcik dan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Muratara, Ir Suhardiman mengatakan musim tanam kali ini merupakan gerakan percepatan tanam untuk peningkatan indeks pertanaman sawah irigasi dan sawah tadah hujan.

Dijelaskannya, di Kabupaten Muratara ini telah tercatat ada seluas 8860 hektar sawa irigasi dan 4225 hektar lahan sawah tadah hujan.

"Untuk di Desa Bukti Langkap sendiri tercatat 225 hektar sawah irigasi dan tadah hujan, lahan ini harus diperdayakan untuk mencapai hasil produksi yang baik," kata Suhardiman.

Menurutnya, selama ini telah melihat potensi yang tergarap kalau indeks tertanam 100 sampai 200 bisa dalam satu tahun dua kali tanam dan ini sudah tercapai 100 persen.

Sedangkan, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan pihaknya mendengar laporan bahwa warga Desa Bukit Langkap ini akan memulai menanam padi sawah.

"Jadi saya datang ikut menanam padi bersama warga, memang nenek moyang kita adalah petani jadi harus bisa mengelolah sawah dan ladang," kata Syarif.

Untuk itulah hadir disini bersama warga menanam padi dan memberi support kepada masyarakat, dengan begitu diharapkan Desa Bukit Langkap ini makmur dan Muratara juga makmu.

"Bukan hanya Desa Bukit Langkap, desa lain juga harus makmur dan dikembangkan potensi yang ada, seperti di Desa Remban yang tercatat 400 hektar sawah yang akan digarap menggunakan dana APBN," jelasnya.

Untuk sawah irigasi diharapkan saluran yang kotor tolong dibersihkan bersama dengan gotong royong, supaya tidak ada hambatan air yang mengalir.

Tags
Muratara
Penulis: Farlin Addian
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help