Home »

Bisnis

» News

Berita Palembang

Jelang Ramadan, Beli Ayam Potong Harus Pesan, Stok Sedikit dan Harga Tembus Rp 42 Ribu/Kg

Harga ayam potong tembus Rp 42 ribu per kilogram, jauh lebih tinggi dari harga acuan Kementerian Perdagangan yang menetapkan Rp 32 ribu per kilo.

Jelang Ramadan, Beli Ayam Potong Harus Pesan, Stok Sedikit dan Harga Tembus Rp 42 Ribu/Kg
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
ILUSTRASI AYAM POTONG 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Siemen Martin 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Harga ayam potong tembus Rp 42 ribu per kilogram, jauh lebih tinggi dari harga acuan Kementerian Perdagangan yang menetapkan Rp 32 ribu per kilo.

Bahkan bagi masyarakat yang ingin membeli pun harus memesan sehari sebelumnya karena keterbatasan stok yang dikirim oleh penyalur.

"Pesan sekarang besok bisa diambil, tapi lihat juga ya kalau pesannya sedikit belum tentu dapat besok," kata Ita penjual daging ayam di Pasar Plaju.

Biasanya sehari ia dapat kiriman ayam telah dibersihkan sebanyak 150 ekor. Kini ia hanya mendapat jatah 50 ekor yang berukuran 1,3 kilogram.

Harga yang cukup tinggi terus terjadi sejak satu minggu terakhir.

"Lewat jam 10.00 sudah habis sekarang karena tidak banyak daging yang dijual, ya memang sekarang permintaan tinggi tapi tidak ada dagingnya," kata Ita.

Untuk ayam kampung pun mengalami kenaikan Rp 5.000, kini satu ekor dijual Rp 60 ribu.

Bukan hanya di Pasar Plaju, di Pasar Cinde juga harga daging ayam potong tembus di Rp 41 ribu, selain ayam telur juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu perkilo saat ini mencapai Rp 24 ribu dari sebelumnya Rp 19 ribu.

Pedagang di Pasar Cinde, Zainal, mengakui bahwa kenaikan ayam dan telur cukup drastis.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help