Berita Muratara

Naikkan Harga Diatas Harga Eceran Dasar di Pasar Muratara, Ini yang Bakal Terjadi

Jelang bulan ramadan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Muratara akan melakukan inspeksi mendadak

Naikkan Harga Diatas Harga Eceran Dasar di Pasar Muratara, Ini yang Bakal Terjadi
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Bupati Muratara, Syarif Hidayat saat melakukan sidak di pasar Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Jelang bulan ramadan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Muratara akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar pasar yang ada di Bumi Beselang Serundingan.

Menurut Kepala Disprindagkop Muratara Syamsu Anwar melalui Kabid Perdagangan Fahrorrozi upaya tersebut merupakan untuk mengantisipasi gejolak kenaikan harga barang khususnya sembako supaya tidak berlebihan.

"Dalam sidak kita akan mengecek harga harga barang dan melakukan pengawasan hingga Ramadan.

Sesuai petunjuk kebijakan acuan harga di konsumen dari PP Perdagangan Permendag Nomo 27 Tahun 2017," kata Fahrorrozi, Rabu (2/5/2018).

Sehingga dalam hal ini memegang acuan harga eceran dasar (HED) dan yang tertinggi ada batasan harga.

Misalnya harga tertinggi daging ayam ras Rp 32.000 perkilogramnya, apabila dijual melebihi harga itu berarti sudah melampaui batas.

"Mestinya harga harga di pasar itu dijual dibawa tertinggi HED atau paling tidak seharga yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Jika ditemukan barang yang dijual melebihi tertinggi HED yang ditetapkan, tentu akan memberikan teguran agar harganya disesuaikan.

Namun, biasanya harga barang melonjak apabila permintaan konsumen meningkat, untuk mengantisipasi itu pihaknya akan menggelar pasar murah.

Sementara itu ningsi (30) warga di Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara mengatakan, saat ini belum ada tanda tanda kenaikan harga barang khususnya harga sembako.

"Memang biasanya jelang bulan puasa hingga lebaran banyak harga barang meningkat seperti cabe, bawang dan telur," ungkapnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help