Harga Daging Menjelang Ramadan Mahal? Mau yang Murah Coba Beli Daging Beku

Kebutuhan daging jelang puasa dan lebaran dipastikan meningkat untuk dikonsumsi masyarakat.

Harga Daging Menjelang Ramadan Mahal? Mau yang Murah Coba Beli Daging Beku
Livestrong
Daging beku 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kebutuhan daging jelang puasa dan lebaran dipastikan meningkat untuk dikonsumsi masyarakat.

Hal itu juga yang kerap membuat harga daging sapi terus mengalami kenaikan, untuk masyarakat yang ingin mengkonsumi daging dianjurkan untuk membeli daging beku.

"Untuk daging beku dikisaran Rp 80 ribuan, sangat jauh kalau dengan harga daging segar atau habis dipotong, bagi masyarakat tinggal memilih saja mau yang beku atau segar, kalau murah yang beli daging beku," ungkap Inspektur Jenderal Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Srie Agustina, saat meninjau stok serta kebutuhan pokok di Bulog dan Transmart, Kamis (26/4).

Untuk daging sapi fresh saat ini di pasaran telah mencapai Rp 130 ribuan atau selisih Rp 50 ribu dengan daging beku, bahkan Kementerian Perdagangan sudah turun ke lapangan dan mengecek ke pasar tradisional baru Pasar KM 5 yang menjual daging beku selain ritel modern.

"Ya kedepannya seluruh pasar bisa menjual daging beku, sebenarnya tidak masalah beku atau tidak, selama kualitas daging bagus."

"Toh di sejumlah restoran dan rumah makan juga sudah banyak yang memakai daging beku," ungkapnya.

Dijelaskan Srie, kenaikan harga diakui masih dilakukan oleh spekulen.

Namun untuk tahun ini pemerintah akan terus mengawal sehingga para pemasok tidak berani main-main dalam menentukan harga serta ketersedian stok.

Selain daging sapi, pihaknya juga mengantisipasi telur dan daging ayam. Diakui daging ayam beberapa hari telah menyentuh angka di harga Rp 38 ribu perkilonya.

Namun hal itu bisa terjadi karena pasokan dari peternak yang kurang. Untuk telur sendiri pihaknya terus menekan harga acuan perkilonya sebesar Rp 22 ribu.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved