Berita Muratara

4 Pasar Tradisional Mingguan di Muratara Akan Disulap Jadi Pasar Harian

Guna mengembangkan sektor perdagangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara telah mempersiapkan sejumlah pasar tradisional yang aktif

4 Pasar Tradisional Mingguan di Muratara Akan Disulap Jadi Pasar Harian
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Bupati Muratara, Syarif Hidayat saat melakukan sidak di pasar Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Guna mengembangkan sektor perdagangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara telah mempersiapkan sejumlah pasar tradisional yang aktif seminggu satu kali akan ditingkatkan menjadi pasar harian.

Wacana tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Muratara H Syamsu Anwar yang direncanakan akam ditingkat pada 2018 ini dengan membangun fasilitasnya.

Menurut Syamsu, pihaknya akan menggelontorkan anggaran Dana Alokadi Kahusus (Dak) lebih kurang 4 Miliar untuk pembangunan peningkatan pasar tradisional mingguan ke harian.

"Untuk letak daerahnya akan dibangun di Kecamatan Ulu Rawas, Nibung, Karang Dapo dan Kecamatan Karang Jaya," katanya.

Dilanjutkanya, kenapa pembangunan yang digelontorkan pada empat kecamatan tersebut karena belum adanya pasar harian.

"Dengan ini kita lakukan peningkatan pasar tradisional menjadi pasar harian," jelasnya.

Dengan begitu, diharapkan ases perekonomian dan perniagaan masyarakat disetiap kecamatan dapat berjalan dengan aktif dan memberikan kemajuan serta peningkatan sumber ekonomi bagi masyarakat.

"Yang jelas jika setiap kecamatan memiliki pasar harian, sudah jelas memperpendek jarak tempuh untuk melakukan transaksi jual beli untuk memenuhi kebutuhan hidup," tutunya.

Sementara, Dila (25) seorang penjual barang kelilibg mengatakan pihaknya mengambut baik jika adanya penetapan pasar mingguan menjadi pasar harian dimana selama ini selalu berpindah pindah untuk berjualan.

"Jika ada peningkatan pasar tradisional menjadi pasar harian sangat memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat maupun pedagang," katanya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help