Berita Palembang

Waspada Virus TILV, Ikan Dari Luar Negeri Di Karantina

Virus terhadap ikan bermacam-macam seperti yang masih dalam pengawasan yaitu Tilapia Lake Virus (TILV).

Waspada Virus TILV, Ikan Dari Luar Negeri Di Karantina
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Virus terhadap ikan bermacam-macam seperti yang masih dalam pengawasan yaitu Tilapia Lake Virus (TILV). TILV ini merupakan penyakit ikan dari jenis virus yang menyerang Ikan Nila.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan (SKIPM) Palembang, Sugeng Prayogo, Minggu (15/4/2018).
menjelaskan, penyakit ini awalnya di temukan di Israel lalu menyebar ke beberapa negara seperti Mesir, Ekuador, Kolombia dan Thailand.

Kerugian akibat serangan penyakit ini diluar negeri sangat besar karena menyebabkan kematian ikan sampai 80-100 persen. Mengakibatkan meruginya ekonomi bagi pendapatan petani dan sektor perikanan.

"Ikan Nila merupakan salah satu komoditas budidaya unggulan di Indonesia nomor dua setelah ikan Mas. Maka peran SKIPM di pintu pemasukan dan pengeluaran sangat awas dan ketat dalam mengawasi potensi masuknya virus ini," ujarnya

Ia mengatakan, untuk mewaspadai hal ini semua komoditi ikan yang masuk dari luar negeri di lakukan proses karantina yang ketat. Namun dapat dipastikan sampai saat ini di Indonesia belum ditemukan adanya penyakit TILV terhadap Ikan Nila ini.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved